SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Dampak Pariwisata Kampung Coklat Terhadap Perekonomi Masyarakat Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar

Suparminingsih .

Abstrak


ABSTRAK

 

Suparminingsih. 2017.  Analisis Dampak Pariwisata  Kampung Coklat Terhadap Perekonomi Masyarakat Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Agus Sumanto, S.E., M.SA.

 

Kata Kunci: Dampak, Pariwisata, Ekonomi Masyarakat

Kegiatan Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan dibidang ekonomi, khususnya sektor non migas yang mempunyai peran dalam proses pembangunan suatu daerah. Dalam pengembangan pariwisata akan menimbulkan dampak yang negatif , untuk menanggapi dampak negatif tersebut pemerintah mulai menggalakkan pembangunan pariwisata berkelanjutan. Salah satu alternatif  dari pariwisata berkelanjutan adalah pariwisata berbasis pertanian atau lebih dikenal dengan Agrowisata. Kampung Coklat merupakan contoh agrowisata yang berkembang di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Pariwisata Kampung Coklat terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, Dokumentasi dan Triangulasi.

Hasil Penelitian ini menunjukkan  adanya dampak langsung dan tidak langsung terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Secara langsung Pengembangan Pariwisata Kampung Coklat berdampak pada naiknya harga jual tanah, berkurangnya pengangguran dan percepatan pembangunan serta peningkatan pendapatan masyarakat sekitar Pariwisata Kampung Coklat di Desa Plosorejo.

Di sisi lain, berkembangnya Pariwisata Kampung Coklat secara tidak langsung berkontribusi dalam peningkatan pendapatan daerah dan merangsang kreatifitas masyarakat dalam pengolahan produk berbahan dasar coklat. Satu-satunya dampak negatif yang timbul dari Pariwisata Kampung Coklat adalah kemacetan pada akhir pekan dan pada hari libur nasional yang menggangu mobilitas jalan utama