SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Infrastruktur Sekolah dan Infrastruktur Rumah Sakit Terhadap PDRB Per Kapita Periode 2011-2015 di Provinsi Jawa Timur

Nova Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Nova. 2017. Hubungan Infrastruktur Sekolah dan Infrastruktur Rumah Sakit terhadap PDRB Per Kapita di Provinsi Jawa Timur Periode 2011-2015. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Thomas Soseco S.E,. M.Sc.

 

Kata kunci : infrastruktur sekolah, infrastruktur rumah sakit, PDRB per kapita.

 Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam mempercepat proses pembangunan nasional maupun regional. Infrastruktur juga memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur di Jawa Timur dinilai kurang karena pertumbuhannya masih negatif. Infrastruktur yang kurang memadai dapat mengahambat perekonomian yang di gambarkan dalam PDRB per kapita.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan infrastruktur sekolah dan infrastruktur rumah sakit  terhadap PDRB Per kapita di Jawa Timur. Data yang digunakan adalah data sekunder infrastruktur sekolah dalam jumlah sekolah  SD, SMP, SMA, SMK negeri dan swasta dan jumlah rumah sakit umum negeri dan swasta di 38 kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur periode 2011-2015.

Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder selama periode tahun 2011-2015. Berdasarkan karakteristik masalah penelitian ini tergolong penelitian kausal komparatif (Causal-Comparative Research) yakni tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa hubungan sebab-akibat antara dua variabel atau lebih.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis pearson product moment.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, Variabel infrastruktur sekolah dilihat dari jumlah sekolah SD, SMP, SMA dan SMK negeri dan swasta 38 Kabupaten/ Kota di provinsi Jawa Timur periode 2011-2015 mempunyai hubungan negatif dengan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Timur. Hal ini terjadi karena jumlah sekolah peningkatannya tidak merata dalam setiap daerahnya dan masih terfokus pada daerah tertentu.

Kedua, Variabel infrastruktur rumah sakit dilihat dari jumlah rumah sakit umum negeri dan swasta 38 Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2011-2015 memiliki hubungan cukup kuat positif dan signifikan terhadap PDRB per kapita di Provinsi Jawa Timur. Dengan peningkatan jumlah rumah sakit maka akan menjamin kesejahteraan kesehatan masyarakat dan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga PDRB per kapita dapat meningkat.

Ketiga, Variabel infrastruktur sekolah dan variabel infrastruktur rumah sakit secara bersama-sama memiliki hubungan yang kuat dengan PDRB per kapita. Dengan peningkatan jumlah sekolah dan jumlah rumah sakit maka dapat diketahui tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat sehingga pertumbuhan yang menigkat tersebut dikarenakan oleh produktivitas kesehatan yang meningkat maka  pendidikan juga meningkat.