SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 6 SMAN 1 Srengat Blitar Tahun Ajaran 2016/2017

Qina . Aprilian

Abstrak


ABSTRAK

 

Aprilian, Qina. 2016.Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw untuk

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran

Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 6 SMAN 1 Srengat Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sapir, S.Sos., M.Si. (2) Prih Hardinto, M. Si

 

Kata Kunci: Kooperatif Model Jigsaw, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Pemebelajaran ekonomi di kelas XI IPS 6 SMAN 1 Srengat Blitar metode pembelajarannya konvensional dan diskusi kelompok. Metode tersebut sudah memusatkan kegiatan terhadap siswa, namun hanya beberapa siswa saja yang mau menunjukkan kemampuan akademisnya. Adanya masalah tersebut membuat siswa masih belum dapat mencapai kompetensi minimal. Oleh karena itu, diperlukan model pemebelajaran yang dapat meningkatkan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif . Penelitian dilakukan dalam empat tahap yang disebut siklus. Penulis pada pelaksanaanya penelitian bertindak sebagai pengamat sebelum penelitian, perencana, pelaksana, pengambil data, serta penganalisis data . Data-data diperoleh dari observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, tes, serta catatan lapangan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan aktivitas serta hasil belajar meningkat setelah diterapkanya pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Siklus I aktivitas belajar siswa masih menunjukkan angka 71,76% atau kalau diwujudkan dengan angka masih mencapai taraf 2 atau setara cukup (C) setelah dilaksanakannya penerapan model Jigsaw taraf aktivitas belajar siswa meningkat

93,98% aktivitas belajar siswa sudah lebih baik. Hasil belajar siklus I rata- rata pre tes 61,9 dan belum mencapai ketentusan standar kkm dan pada siklus II hasil pos tes belajar siswa meningkat rata-rata ketuntasan menjadi 80,7 rata- rata siswa sudah mencapai ketuntasan. Berdasarkan penelitian ini disarankan: (1) Bagi sekolah penelitian ini sebagai refleksi pembelajaran untuk lebih mengembangkan kualitas pembelajaran (2) Bagi guru mata dalam penerapan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw sebaiknya memilih materi yang sesuai dengan model pembelajaran tersebut yaitu materi pembelajaran yang dirumuskan dengan tajam yang memiliki satu jawaban benar selain itu guru mata pelajaran ekonomi juga harus lebih memperhatikan kemampuan siswa secara heterogen pada diskusi kelompok tim ahli, (3) Bagi siswa Penerapan pembelajarn kooperatif Jigsaw ini dapat digunakan sebagai alternatif pilihan cara belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. (4)Bagi penelitian selanjutnya hendaknya mengelola kelas lebih baik lagi agar langkah-langkah pembelajaran kooperatif

 

Jigsaw lebih terlaksana dengan baik.