SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli dan Pembiayaan Sewa Terhadap Profit Bank Umum Syariah Devisa di Indonesia Periode 2010-2015

Aeza Farradhiba Alayna

Abstrak


ABSTRAK

 

Alayna, Aeza, Faradhiba. 2017. Kontribusi Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli, dan Pembiayaan Sewa Terhadap Profit Bank Umum Syariah Devisa di Indonesia Periode 2010-2015. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Sewa,     Profit

Keberhasilan suatu bank dapat diukur melalui tingkat profit (laba bersih setelah pajak) bank tersebut. Profit yang tinggi dapat menunjukkan kinerja keuangan bank yang baik. Sebaliknya jika profit yang dicapai rendah, mengin-dikasikan kurang maksimalnya kinerja manajemen keuangan dalam menghasilkan laba. Untuk meningkatkan profit tersebut, bank melakukan kegiatan penyaluran dana yang terbagi menjadi 3 (tiga) prinsip yaitu, pembiayaan prinsip bagi hasil, jual beli dan sewa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pem-biayaan bagi hasil, pembiayaan jual beli, dan pembiayaan sewa terhadap profit bank umum syariah devisa di Indonesia. Data panel yang digunakan yaitu data time series yang berupa laporan keuangan triwulan yang dipublikasi dengan  periode 2010-2015 dan data cross section yang terdiri dari3 (tiga) bank umum syariah devisa dengan teknik pengambilan sample purposive sampling. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder dan menggunakan analisis regresi data panel.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pembiayaan bagi hasil, jual beli dan sewa memberikan pengaruh positif tehadap profit bank umum syariah devisa di Indonesia. Secara parsial, pembiayaan bagi hasil tidak berpengaruh terhadap profit, sedangkan pembiayaan jual beli memberikan pe-ngaruh signifikan positif terhadap profit, dan pembiayaan sewa memberikan pe-ngaruh signifikan negatif terhadap profit bank umum syariah devisa di Indonesia.