SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Disiplin Belajar Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Malang

Siti Nur Lina

Abstrak


ABSTRAK

 

Nur Lina, Siti. 2017. Pengaruh Disiplin Belajar dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dr.Lisa Rokhmani, M.Si.

 

Kata Kunci : disiplin belajar, cara belajar, dan hasil belajar.

Belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku manusia dan  mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan. Berhasil tidaknya proses belajar siswa dapat dilihat dari salah satunya adalah hasil belajar yang diperoleh oleh siswa selama mengikuti proses belajar. Dua hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah disiplin belajar dan cara belajar. Namun berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMAN 9 Malang masih ditemukan siswa yang kurang disiplin seperti terlambat masuk kelas, kurang tertib di kelas, serta memiliki cara belajar yang berbeda-beda pada setiap siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan:(1) pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang. (2) pengaruh cara belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang. (3) pengaruh disiplin belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang.

Penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang dengan jumlah keseluruhan 96 siswa. Sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini sejumlah 78 siswa ditentukan menggunakan rumus Slovin, dan teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang. (2) terdapat pengaruh antara cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang. (3) terdapat pengaruh bersama-sama disiplin belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang.

Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah: (1) bagi guru bidang studi: Guru hendaknya terus berupaya memberi contoh kedisiplinan kepada siswa misalnya: selalu memberi masukan dan arahan agar siswa lebih disiplin lagi, guru memberi sanksi kepada siswa yang kurang disiplin. Guru hendaknya memberikan contoh cara belajar yang baik, misalnya: membiasakan mencatat pelajaran yang rapi dan membiasakan siswanya untuk membaca buku pelajaran. (2) Bagi siswa: Bagi siswa Hendaknya lebih meningkatkan disiplin lagi untuk semua peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah dan guru sehingga siswa akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Dan hendaknya siswa terus membiasakan cara belajar di kelas seperti mempelajari apa yang akan diajarkan atau dibahas di kelas, mencatat pelajaran dengan baik, mengulangi belajar di rumah dsb. sehingga hal- hal tersebut  siswa mampu menguasai apa yang telah diajarkan oleh guru.(3) Bagi sekolah : hendaknya sekolah terus berupaya menertibkan kedisiplinan di lingkungan sekolah dengan menegakkan peraturan bagi guru dan siswa dan hendaknya sekolah memberi penyuluhan pada guru untuk membiasakan kepada siswa cara belajar yang baik. (4) Bagi Peneliti Selanjutnya: penelitian ini hendaknya dapat dilanjutkan dengan meneliti hasil belajar siswa tetapi tidak hanya dilihat dari disiplin belajar dan cara belajar saja tetapi juga variabel lainnya yang mempengaruhi hasil belajar sehingga dapat diketahui apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa.

 

ABSTRACT

Nur Lina, Siti. 2017. The Impact of Discipline Learning and How to Learn to Study Results Subjects Economics Student Class XI IPS SMAN 9 Malang. Thesis, Department of Economic Development, Faculty of Economics, University of Malang. Advisor: Dr. Lisa Rokhmani, M.Si.

 

Keywords: learn discipline, how to learn, and learning outcomes.

Learning is an important process for the change of human behavior, includes everything that is thought and done. The Success of student learning process can be seen from the result of learning obtained by students during the learning process. Many things that affect student learning outcomes are the discipline of learning and learning style. However, based on preliminary observations at SMAN 9 Malang, there are students who less disciplined such as late, less orderly in the classroom, and have different learning style for each student

This study aims to describe: (1) the impact of the discipline of student learning to the learning outcomes of economic subjects students of class XI IPS SMAN 9 Malang. (2) the impact of How to student learning to the learning outcomes of economic subjects students of class XI IPS SMAN 9 Malang. (3) the impact  of the discipline of learning and how to learn to the results of economic subjects students of class XI IPS SMAN 9 Malang.

This research is explanation. The population in this study all students of class XI IPS SMAN 9 Malang with a total of students is 96 . While the amount of samples in this study 78 students, it’s determined using a formula Slovin, and the sampling technique is proportional random sampling. Data were analyzed using by 20:00 SPSS for Windows.

Based on the analysis concluded that: (1) there is influence between the discipline of learning on student learning outcomes of economic subjects XI IPS SMAN 9 Malang. (2) there is influence between how to learn of student on student learning outcomes of economic subjects XI IPS SMAN 9 Malang. (3) there are significant together between  disciplines learning  and how to learn on student learning outcomes of the economic study subjects class XI IPS SMAN 9 Malan.

 

The advice given in this study were: (1) the subject teachers: teachers should set an example of discipline that the students could imitate, for example: teachers should be on time when getting in and out of school hours. She also gave an example of how a good learning, for example: familiarize recorded lessons neat and familiarize students to read textbooks (2) For students: students should comply with all rules set by schools and teachers so that they can behave properly in accordance with the rules of discipline. And familiarize students should learn a good way, efficient in class making it easier for students to repeat study at home so that students are able to master what has been taught by the teacher. (3) For schools: schools should continue to curb the discipline in the school environment by enforcing regulations for teachers and students and schools should provide counseling for teachers to familiarize students learn good way. (4) For Further Research: This research should be continued to examine student learning outcomes but not only seen from the discipline to learn and how to learn, but also other variables that can be known what affect student learning outcomes.