SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FASILITASI PIHAK EKSTERNAL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM (Studi pada Kelompok Usaha “Tenun Ikat” di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri)

Rizal Nur Muhammmad

Abstrak


ABSTRAK

 

Muhammad,  Rizal Nur. 2017. Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM (Studi pada Kelompok Usaha “Tenun Ikat” di Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E. (II) Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si.

Kata Kunci: UMKM, Fasilitasi Pihak Eksternal, Kinerja.

 

Kota Kediri memiliki potensi komoditas unggulan berupa industri kerajinan tenun ikat dimana industri ini tergolong pada UMKM. Industri Kerajinan Tenun Ikat Bandar ini dikenal sebagai kerajinan tenun ikat bukan mesin. Industri kerajinan ini sempat mengalami kondisi yang stagnan pada saat krisis ekonomi melanda Indonesia 19 tahun yang lalu. Namun setelah itu, pemerintah ingin lebih memaksimalkan kinerja Kerajinan Tenun Ikat Bandar ini melalui upaya Fasilitasi Pihak Eksternal seperti bantuan modal dan pelatihan. Hal tersebut mendorong peneliti untuk menggali informasi apakah program fasilitasi pihak eksternal mampu meningkatkan kinerja pada kelompok usaha kerajinan Tenun Ikat Bandar Kidul. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui beberapa hal, yaitu: (1) Kinerja usaha “Tenun Ikat” di Kelurahan Bandar Kidul dilihat dari kriteria permodalan, sumber daya manusia (SDM), pemasaran, dan produksi, dan (2) strategi pengembangan melalui fasilitasi pihak eksternal untuk meningkatkan kinerja Usaha “Tenun Ikat” di Kelurahan Bandar Kidul.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitian berupa paparan deskripsi secara naratif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Secara keseluruhan, data dalam penelitian ini akan dianalisis secara kualitatif  dengan langkah-langkah: pengumpulan data, kodifikasi data, interpretasi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk menjaga keabsahan data.

Berdasarkananalisis, diperoleh hasil yaitu: Kinerja usaha tenun ikat di kelurahan Bandar Kidul pada criteria permodalan, para perajin masih menggunakan modal sendiri untuk mendirikan usahanya. Pada criteria Sumberdaya Manusia (SDM) para perajin usaha tenun ikat mempekerjakan para tenaga kerja yang handal dan sangat menguasai dalam bidangnya masing-masing. Pada criteria Pemasaran, para perajin telah mengikuti pameran lokal hingga nasional untuk memasarkan produk, bahkan hingga memasarkan pada media online. Pada criteria produksi, terjadi peningkatan komoditas produks idengan ide – ide yang lebih inovatif yang sebelumnya hanya memproduksi kain dan sarung goyor saja.

Selanjutnya, pengembangan melalui fasilitasi pihak eksternal yang dilakukan terdiri dari bantuan permodalan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB); Pembinaan dan Pelatihan dari Dinas Koperasi dan Disperindag; kegiatan promosi melalui pameran lokal hingga nasional; dan yang terakhir adalah penyediaan sarana dan prasara seperti alat–alat produksi hingga layanan konsultasi.