SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Jenis Kelamin, Usia, Kemampuan Akademik dan Angkatan Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan)

Carika Putri Cahyaning Damayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Damayanti, Carika Putri Cahyaning. 2017. Pengaruh Jenis Kelamin,Usia, Kemampuan Akademik dan Angkatan Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Grisvia Agustin, S.E., M.Sc.

 

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Jenis Kelamin, Usia, Kemampuan Akademik, Angkatan, Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi

 

            Literasi keuangan menjadi hal dasar yang wajib dipahami oleh setiap orang dalam mengelola dan merencanakan keuangannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kelamin, usia, kemampuan akademik, dan angkatan terhadap literasi keuangan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2013-2015. Penelitian ini memfokuskan pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, karena keingintahuan bagaimana pengelolaan keuangan yang mereka lakukan.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 responden yang tersebar dari mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan 2013-2015 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik kuota sampling. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang telah diuji kelayakannya melalui uji validitas dan reliabilitas.

            Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: Tidak ada pengaruh yang signifikan antara jenis kelamin terhadap literasi keuangan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universiatas Negeri Malang angkatan 2013-2015. Namun, ada pengaruh positif yang signifikan antara usia, kemampuan akademik, dan angkatan terhadap literasi keuangan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2013-2015.