SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Inflasi, Nilai Kurs, dan BI Rate terhadap Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2011-2016

Siti Nur Hidayah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayah, Siti Nur.2017. Pengaruh Inflasi, Nilai Kurs, dan BI Rate terhadap Dana Pihak Ketiga pada Perbankan Syariah Tahun 2011-2016. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto, S.E., M.SA

 

Dalam dunia modern saat ini peranan perbankan tidak bisa dilepaskan dari peran kamajuan suatu bangsa.Perbankan yang beroperasi di Indonesia terdapat dua jenis yaitu Bank Umum dan Bank Syariah. Kehadiran perbankan syariah diharapkan menjadi kabar baik untuk masyarakat yang menolak riba atau bunga dakam transaksi perbankan.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh antara inflasi, nilai kurs dan BI Rate terhadap Dana Pihak Ketiga pada Perbankan Syariah di Indonesia tahun 2011 hingga tahun 2016. Data yang digunakan adalah data time series dari tahun 2011-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Varian Autoregression yang didalamnya terdapat uji estimasI VAR, Impulse Response dan Variance Decomposition.

Variabel Inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah. Penelitian ini berlawanan dengan teori ekonomi konvensional yang menyatakan ketika inflasi tinggi maka minat masyarakat menabung akan menurun. Hal ini menunjukkan bahwa nasabah perbankan syariah menganggap bahwa perbankan syariah lebih stabil dalam menghadapi fluktuasi inflasi.

Variabel Kurs berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel Dana Pihak Ketiga Bank Syariah. Hal ini dikarenakan masyarakat atau nasabah dalam melakukan transaksi di perbankan syariah bukan hanya karena dipengaruhi faktor ekonomi yang sedang terjadi tetapi disebabkan juga karena tingkat religiusitas di dalamnya.

Variabel BI Rate berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah. Hal ini dikarenakan ketika BI Rate mengalami kenaikan, sebagian dari nasabah perbankan syariah memindahkan tabungan mereka ke perbankan konvensional.