SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 7 GONDANGLEGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Devi Leni Apriliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Apriliana, Devi Leni 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Achmad Ali Wava, M.Pd.

Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Kebiasaan Belajar Siswa, Hasil Belajar.

Hasil Belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Salah satu faktor ekstern adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal yang di lakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi masih banyak di temukan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini terjadi karena rendahnya tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah, selain itu hasil belajar juga di pengaruhi oleh faktor intern. Salah satu faktor intern adalah kebiasaan belajar siswa. Kebiasaan belajar adalah segenap perilaku siswa yang ditunjukkan secara konsisten dari waktu kewaktu dalam rangka pelaksanaan belajar di sekolah. Dengan mempunyai kebiasaan belajar yang baik siswa akan terlatih belajar secara terus menerus, dengan demikian maka hasil belajar siswa akan meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhamaadiyah 7 Gondanglegi. Sampel penelitian ini berjumlah 110 siswa dari populasi 152 siswa kelas XI Perbankan dan XI Adminidtrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Proporsional random sampling. Jenis penelitian ini  adalah eksplanasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkanan regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan ada pengaruh positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sebesar 52,1% sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.

Saran yang dapat diberikan yaitu (1) kepada pihak sekolah untuk memperbanyak koleksi buku buku-buku perpustakaan baik berupa buku pelajaran maupun selain pelajaran agar siswa lebih tertarik untuk mengunjungi perpustakaan sekolah. (2) kepada guru untuk terus memberikan motivasi kepada siswa agar siswa mempunyai kebiasaan belajar yang baik di sekolah maupun di rumah.