SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di dalam Kelas pada Mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang

Yulia Safriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Penerapan model pembelajaran make a match dan mind mapping merupakan pembelajaran yang menggabungkan atau memadukan anatara dua model pembelajaran yakni make a match dan mind mapping yang terjadi mulai langkah pembelajaran kedua yaitu pendidik membimbing pengalaman individual/kelompok. Kemampuan berpikir kritis adalah proses siswa dalam melakukan pemecahan pertanyaan dalam kartu soal yang telah diberikan oleh pendidik secara individu dan presentasi mind mapp yang dilakukan oleh individu/kelompok.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan perpaduan model pembelajaran make a match dan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di dalam kelas XI IPS 2 Laboratorium UM Malang  pada mata pelajaran ekonomi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK). Data paparan adalah keterlaksanaan penerapan perpaduan model pembelajaran make a match dan mind mapping meningkat dari siklus I sebesar 95% menjadi 98% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus I 62% menjadi 85% pada siklus II.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh beberapa simpulan hasil penelitian. Pertama, keterlaksanaan penerapan perpaduan model pembelajaran make a match dan mind mapping meningkat pada siklus II dibanding siklus I, hal ini menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran ini sangat baik dan cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang. Kedua, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat pada siklus II dibandingkan siklus I sehingga penerapan pembelajaran ini sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang.

 

Kesimpulannya adalah penerapan perpaduan model pembelajaran make a match dan mind mapping dapat diterapkan dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM Malang.