SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Belajar (Learning Style) dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Turen Tahun Ajaran 2016/2017.

Hardy Nugroho Susanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Muttaqin, Reza. 2017. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mohammad Hari, M.Si (II) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha

Dalam penelitian ini minat berwirausaha siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi hasil belajar kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan minat berwirausaha siswa, adakah pengaruh hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa, adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis deskriptif dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 153 siswa yang terdiri dari kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Diambil sampel sebanyak 111 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dibantu dengan menggunakanSPSS 23.0 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan hasil dari penelitian sebagai berikut. (1) Hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen hasilnya adalah sangat tinggi dan peran dari lingkungan keluarga sudah cukup baik untuk menumbuhkan minat berwirausahasiswa. (2) Hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pengaruh  positif dan signifikan antara secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) Lingkungan keluarga berpengaruh  positif dan signifikan antara secara parsial terhadap minat berwirausahasiswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Dari penelitian ini dapat dikemukakan saran yaitu: Bagi guru mata pelajaran kewirausahaan tidak hanya teori namun perlu adanya studi kasus atau pun mendatangkan narasumber wirausaha sukses, agar siswa memiliki minat berwirausaha. Bagi orangtua,  diharapkan peran orangtua dalam memberikan gambaran atau contoh sebaiknya yang dapat menarik minat dari siswa,  lebih sering mengangkat topik mengenai kewirausahaan dalam keluarga, dan juga mendukung siswa untuk berani berwirausaha. Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu gaya belajar dan lingkungan belajar. Gaya belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen berbeda-beda, terlihat dari cara mereka melihat guru dengan konsentrasi penuh, ada yang mencoret-coret buku, serta terdapat beberapa siswa belum dapat menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diberikan guru sehingga mempengaruhi hasil belajar. Selain itu, lingkungan belajar berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa. Kelas X IPS memiliki latar belakang lingkungan belajar yang berbeda-beda karena ada beberapa siswa berasal dari Turen dan dari luar Turen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 1 Turen.(2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen.(3) Pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen.

Jenis penelitian yang digunakan eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen yang berjumlah 127 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

 

Saran peneliti adalah bagi guru, dalam menyampaikan materi guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi dan menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan bisa menambah variabel lain seperti variabel fasilitas belajar, motivasi belajar  dan minat belajar untuk memberikan kontribusi terhadap variabel hasil belajar, karena fasilitas, motivasi dan minat yang baik akan meningkatkan perkembangan dan keinginan belajar siswa yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar.