SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KOMPARASI PENENTUAN HARGA JUAL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK SYARIAH DAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang dan Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Malang)

Dita Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Dita. 2017. Komparasi Penentuan Harga Jual Pembiayaan Murabahah pada Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang dan Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M.

 

Kata Kunci: Murabahah, Margin Keuntungan

Perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia semakin meningkat, terlebih lagi setelah sejumlah kelompok masyarakat ikut membuat gerakan atau lembaga keuangan alternatif yang berbasis syariah. Meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan lembaga keuangan syariah ini tidak terlepas dari fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan bahwa bunga bank itu adalah riba dan sangat dilarang dalam ajaran Islam. Salah satu produk lembaga keuangan syariah yang bebas riba serta digemari masyarakat adalah pembiayaan murabahah. Pembiayaan murabahah adalah pembiayaan dengan akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan margin keuntungan yang disepakati. Bank Syariah Mandiri sebagai bank syariah yang memiliki peran penting kedua setelah Bank Muamalat Indonesia (BMI) telah menyalurkan pembiayaan murabahah yang terus meningkat setiap tahunnya. Demikian pula dengan Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri sebagai koperasi syariah yang telah berbadan hukum juga menyalurkan pembiayaan murabahah dengan porsi yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem perhitungan tingkat margin keuntungan murabahah serta komparasi penentuan harga jual pembiayaan murabahah pada bank syariah dan lembaga keuangan syariah.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana data yang diperoleh adalah data primer berupa hasil wawancara dengan pihak yang bersangkutan dan data sekunder yang berupa olahan data yang dapat dipertanggungjawabkan dari sumber yang dapat dipercaya dengan melakukan studi pustaka, wawancara, dan internet.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam sistem perhitungan margin keuntungan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang dipengaruhi oleh beberpa faktor yaitu tingkat margin keuntungan rata-rata beberapa bank syariah lainnya (Direct Competitor’s Market Rate), tingkat suku bunga rata-rata beberapa bank konvensional lainnya (Indirect Competitor’s Market Rate), bagi hasil dana pihak ketiga (Expected Competitive Return  for Investors) dan biaya langsung tidak terkait (Overhead Cost)  serta keuntungan yang diinginkan  (profit target). Begitu pula dengan sistem perhitungan margin keuntungan  Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Malang, hanya saja tanpa mempertimbangkan tingkat suku bunga bank konvensional dan profit target. Adapun untuk penentuan harga jual pembiayaan

 

murabahah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang menggunakan metode keuntungan annuitas sedangkan Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Malang menggunakan metode keuntungan flat. Dalam praktek pembiayaan murabahah baik pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang maupun Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Malang telah sesuai dengan fatwa No.04/DSN-MUI/IV/2000 tetapi tingkat margin keuntungannya masih cukup tinggi karena dalam penentuan margin harga jual banyak faktor penentu didalamnya seperti biaya overhead dan profit target.