SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas X dan XI PBS SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen

Fifi Mega Ayu Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya adalah keadaan lingkungan keluarga, suasana lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar. Untuk belajar di rumah, ketersediaan fasilitas belajar sangat membantu dan mutlak dibutuhkan, semakin lengkap alat-alat belajar, siswa semakin bisa belajar dengan baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan keluarga siswa, kondisi ketersediaan fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar siswa, pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi seberapa besar lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif  dengan metode regresi linier berganda untuk menentukan besarnya pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kelas X PBS dengan jumlah 23 siswa perempuan semua dan seluruh siswa kelas XI PBS dengan jumlah 18 siswa yang juga perempuan semua. Jumlah dari populasi ada 41 siswa yang semua dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember sampai Januari.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut, bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar, ketersediaan fasilitas belajar di rumah juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Kedua variabel tersebut secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Pengantar Ekonomidan Bisnis siswa kelas X dan XI PBS SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

 

Berdasarkan kesimpulan diatas penulis mengharapkan kepada pihak sekolah agar lebih meningkatkan komunikasi dan selalu menjaga hubungan yang baik dengan orang tua siswa, karena antara pihak sekolah dan orang tua memiliki keterkaitan yang erat dengan keberhasilan belajar siswa. Orang tua siswa diharapkan untuk lebih memperhatikan perkembangan belajar dan juga kebutuhan belajar putra-putrinya.