SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 3 DI SMAN 1 TUREN TAHUN AJARAN 2016/2017

Vonny Novita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Vonny N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 Di SMAN 1 Turen Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata Kunci : model pembelajaran think pair share , aktivitas belajar, hasil belajar.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan penulis pada saat penulis melakukan kegiatan Kajian Praktik Lapangan (KPL) pada bulan Agustus-September 2017. Penulis menemukan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi masih rendah. Selama proses observasi dilakukan, penulis melihat bahwa suasana kelas masih kurang kondusif selama proses pembelajaran berlangsung. Ketika guru memberikan soal-soal latihan kepada siswa, masih ada siswa yang duduk-duduk sambil tidur-tiduran, tampak kurang bersemangat dalam belajar. Proses pembelajaran dan kegiatan tanya jawab hanya didominasi oleh beberapa siswa saja. Selain itu, antusisas siswa dalam bekerjasama dalam proses diskusi juga masih rendah. Sehingga diperlukan suatu tindakan guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu model pembelajaran think pair share ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Turen dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Turen dari siklus I ke siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari rata-rata siklus I sebesar 60% naik menjadi 75%  pada siklus II dengan selisih peningkatan pada siklus I dan siklus II sebesar 15%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata siklus I sebesar 60.00 naik menjadi 93.33 dan ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 34,37% naik menjadi 100% pada siklus II dengan selisi 65,63%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran

 

think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 di SMAN 1 Turen. Saran bagi sekolah, hasil penelitian ini seyogyanya dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai Saran bagi guru, model pembelajaran think pair share ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.