SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING DALAM MODEL GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 3 SMAN 1 BATU

Yuni Tri Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Yuni Tri. 2017. Implementasi Metode Brainstrorming dalam Model Group Investigation Pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 1 Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing Dr. H. AgungHaryono, S.E.Ak, M.P.

 

Kata Kunci : Brainstorming, Group Investigation, Keaktifan, Hasil Belajar.

Berdasarkan observasi awal, siswa-siswi kelas X IPS 3 SMAN 1 Batu cenderung pasif serta mempunyai hasil belajar rendah. Terjadi dominasi beberapa siswa saat diskusi maupun kerja kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan mereka sangat kurang. Salah satu metode yang menuntut siswa mengeluarkan pendapatnya adalah metode brainstorming, serta model pembelajaran yang mampu member peluang siswa untuk terlibat dalam diskusi adalah group investigation. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui implementasi metode brainstorming dalam model group investigation pada mata pelajaran Ekonomi serta peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN I Batu.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiridari 2 siklus yang masing-masing siklusterdiridari 4 tahapan, yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Batu Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, soal tes dan catatan lapangan.

Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan siswa dan juga hasil belajar siswa. Pada saat siklus I keaktifan siswa sebesar 63.60% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82.31%. secara keseluruhan tingkat keaktifansiswasiklus I dan II mengalamipeningkatansebesar 18.71%. Selainmeningkatkankeaktifansiswa, penerapan model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I, jumlah siswayang tuntas sebanyak 19 siswa ( 70.37%), sedangkan pada siklus II , jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 25 siswa ( 92.59%). Secara keseluruhan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan 22.22%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode brainstorming dalam model group investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

 

Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah1) penelitian dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaranekonomi yang lebih inovatif, 2) sebaiknya implementasi model pembelajaran ini tidak hanya pada pembahasan materi system pembayaran dan alat pembayaran tunai  non tunai saja, serta diharapkan peneliti lain dapat mengukur aspek-aspek lain seperti kemampuan berpikirkritis, kemampuan berkomunikasi,  dan sebagainya, sehingga hasil penelitian menjadi lebih sempurna.