SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keaktifan Siswa dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi

Dennis Kumala Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran pendidikan yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas setiap orang harus melalui beberapa tahap pembelajaran salah satunya belajar dengan sungguh-sungguh dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Permasalahan yang ada yaitu beberapa siswa memiliki hasil belajar yang rendah dan masih ada beberapa siswa yang pasif didalam kelas serta tidak yakin pada kemampuan yang dimiliki. Adanya permasalahan tersebut menunjukkan bahwa siswa memiliki keaktifan yang rendah dan rasa percaya diri yang rendah akan mempengaruhi hasil belajarnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar, (2) pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar, (3) pengaruh keaktifan siswa dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar  siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan studi populasi seluruh siswa kelas XI IIS dan menggunakan sampel sejumlah total populasi siswa/siswi kelas XI  IIS sebanyak 80 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 20  for Windows.

Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa: (1) ada  pengaruh variabel independen keaktifan siswa terhadap variabel dependen hasil belajar, (2) ada pengaruh yang signifikan secara parsial variabel independen rasa percaya diriterhadap variabel dependen  hasil belajar, dan (3) ada pengaruh yang signifikansecara simultanvariabel independen keaktifan siswa dan rasa percaya diri terhadap variabel dependen hasil belajar. Jadi keaktifan siswa dan rasa percaya diri mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Gondanglegi.

 

Dari penelitian yang telah dilakukan , maka peneliti memberikan saran bagi (1) pihak sekolah pihak sekolah menghimbau kepada seluruh siswa tentang pentingnya memiliki keaktifan siswa dan rasa percaya diri yang tinggi, misalnya saat sambutan upacara rutin hari senin. (2) Pendidik senantiasa memberikan materi pelajaran yang selalu menunjang kegiatan siswa dikelas seperti berdiskusi, tanya jawab dan berpendapat agar siswa dapat  selalu aktif dan percaya diri (3) Bagi  peneliti lain yang akan melakukan penelitian serupa  sebaiknya dapat diharapkan penelitian selanjutnya untuk meneliti faktor yang mempengaruhi hasil belajar selain yang diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini hanya memfokuskan pada keaktifan siswa, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS  SMA Negeri 1 Gondanglegi.