SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW) DAN SNOWBALL THROWING UNTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI LM EKONOMI SMAN 1 TUMPANG MALANG

Khodijah Ba'abud

Abstrak


ABSTRAK

 

Ba’abud, Khodijah. 2017. Penerapan Model PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) Dan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI LM Ekonomi SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd.

 

Kata Kunci: PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review), Snowball Throwing, Hasil Belajar.

Dalam konteks pembelajaran di sekolah ada 2 subjek yang berkaitan yaitu siswa dan guru, keduanya memiliki peran dalam kegiatan belajar mengajar, berhasil tidaknya suatu kegiatan pembelajaran tentu dipengaruhi oleh keduanya. Guru dituntut untuk mampu melaksanakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa tidak hanya tertarik dalam belajar, namun juga dapat memahami dan mengaplikasikan apa yang diperoleh di sekolah. Pada proses pembelajaran di kelas XI Lintas Minat Ekonomi SMAN 1 Tumpang guru masih menggunakan model yang konvensional atau ceramah sehingga siswa malas dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, diperlukan model yang dapat memenuhi kebutuhan siswa, suatu model yang tepat, menyenangkan, dan dapat membawa dampak positif bagi siswa. Model PQ4R dan Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang menyenangkan yang dapat melatih siswa dalam membaca, mengingat materi dan melatih siswa dalam menyampaikan informasi/gagasan, sehingga dengan adanya model tersebut, siswa dapat meningkatkan kemampuan baca, mengingat, dan menyampaikan materi dengan baik yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Lintas Minat Ekonomi SMAN 1 Tumpang yang berjumlah 40 siswa. Pengambilan data penerapan model tersebut menggunakan instrumen lembar observasi kegiatan guru, data hasil belajar siswa ranah kognitif menggunakan instrumen soal Pre test dan post test, dan data hasil belajar siswa ranah afektif menggunakan instrumen lembar observasi.

Berdasarkan data yang diperoleh, terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Lintas Minat Ekonomi SMAN 1 Tumpang. Hal  tersebut ditunjukkan dengan keberhasilan tindakan peneliti dalam penerapan model PQ4R dan Snowball Throwing yaitu pada siklus 1 sebesar 78% keberhasilan tindakan peneliti. kemudian meningkat pada siklus 2 sebesar 93% keberhasilan tindakan peniliti. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 78%  kemudian hasil belajar siswa meningkat pada siklus 2 sebesar 90%. Sedangkan hasil belajar siswa pada ranah afektif meningkat dari 70% pada siklus 1 meningkat menjadi 85% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru khususnya guru ekonomi untuk menerapkan model pembelajaran tersebut agar hasil belajar siswa dapat meningkat.