SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Modernitas, Gaya Hidup, dan Literasi Ekonomi terhadap Rasionalitas Konsumsi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi

antonius jeffry herdiantyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Era globalisasi membawa suatu efek pembaruan di segala bidang kehidupan manusia di dunia, termasuk juga sikap dan perilaku manusia yang menjadi semakin modern yang sangat identik dengan sikap dan perilaku manusia maju atau modern yang merupakan efek dari modernitas. Selain itu globalisasi juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang berdampak positif maupun negatif pada pada saat melakukan kegiatan konsumsi. Literasi ekonomi juga berperan dalam memberikan pemahaman atau ilmu tentang ekonomi yang dapat diterapkan di kehidupan sehari – hari dan juga dapat memberikan dampak pada pemikiran rasional pada saat melakukan kegiatan konsumsi. Rasionalitas konsumsi memberikan pemikiran yang rasional kepada masyarakat agar dapat melakukan kegiatan konsumsi secara rasional.

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh modernitas terhadap rasionalitas konsumsi, (2) untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap rasionalitas konsumsi, (3) untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi, (4) untuk mengetahui pengaruh secara simultan modernitas, gaya hidup, dan literasi ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dan teknik analisis regresi linier berganda. Data pada penelitian ini diperoleh dari instrumen kuisioner pada variabel modernitas, gaya hidup dan rasionalitas konsumsi, serta instrumen soal tes pada variabel literasi ekonomi. Populasi penelitian ini berjumlah 99 siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi dan di hitung menggunakan rumus Daniel & Terrel menjadi 58 siswa yang pada akhirnya menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows.

Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : Pengaruh secara parsial meliputi (1) modernitas berpengaruh positif terhadap rasionalitas konsumsi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,002, dengan pengaruh sebesar 13,3%, (2) gaya hidup berpengaruh positif terhadap rasionalitas konsumsi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,020, dengan pengaruh sebesar 12,0%, (3) literasi ekonomi berpengaruh positif terhadap rasionalitas konsumsi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,005, dengan pengaruh sebesar 19,3%, dan pengaruh secara simultan yaitu(4) modernitas, gaya hidup, dan literasi ekonomi berpengaruh secara simultan terhadap rasionalitas konsumsi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,000, dengan pengaruh sebesar 44,6%.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara modernitas terhadap rasionalitas konsumsi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya hidup terhadap rasionalitas konsumsi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi, (4) terdapat pengaruh langsung secara simultan antara modernitas, gaya hidup, literasi ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Gondanglegi.

 

Saran dalam penelitian ini adalah : (1) bagi sekolah : Sekolah perlu mengundang dan mengajak orang tua siswa untuk turut berperan dalam mendidik anaknya agar dapat menyaring pengaruh dari globalisasi, (2) bagi guru mata pelajaran : perlu adanya pembelajaran yang inovatif dengan tidak hanya menggunakan teori tetapi dengan praktek agar anak didik lebih paham, (3) bagi peneliti lain : sebagai tambahan referensi pada saat melakukan penelitian lain yang serupa.