SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang

Andre Yoga Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

SMAN 1 Kepanjen adalah sekolah menengah atas di kabupaten malang yang melakukan tes IQ untuk penerimaan dan penempatan siswa di kelas. Namun berdasarkan hasil observasi awal penulis, didapati hasil bahwa tidak seluruh siswa yang ada pada kelas unggulan di kelas X IIS  memiliki nilai yang lebih tinggi dari siswa di kelas lain pada studi kasus ulangan harian materi peran pelaku ekonomi. Hasil ini mengindikasikan bahwa ada faktor-faktor lain yang juga berperan dalam menentukan hasil belajar siswa selain dari tingkat intelegensi atau IQ.

Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh dari dua jenis kecerdasan lain yakni kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual tentang pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen sebab dalam kondisi di suatu kelas diasumsikan bahwa tingkat EQ dan SQ dari tiap siswa berbeda-beda. Selain itu penulis juga tertarik untuk membuktikan teori dan hasil penelitian yang berkenaan dengan EQ,SQ dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen, (2) menjelaskan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen. (3) menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama atau simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen.

 Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.Data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner untuk variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual serta data mengenai hasil belajar diperoleh dari dokumentasi guru mata pelajaran ekonomi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 141 siswa dari empat kelas yang kemudian oleh penulis ditentukan sampel sebanyak 105 siswa yang terbagi di empat kelas Kegiatan analisis data dimulai dengan analisis deskripif dari variabel kecerdasan emosional , kecerdasan spiritual dan hasil belajar, dilanjutkan dengan uji prasyarat analisis, uji hipotesis, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi dan analisis sumbangan efektif.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen, (2) Terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen, (3) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMAN 1 Kepanjen.

 

Saran ditujukan kepada : (1) Instansi pendidikan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk dapat memperbaharui kurikulum atau sistem pengajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa lewat kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya. (2) Pendidik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui peningkatan EQ dan SQ seperti melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif ataupun webquest. Serta tidak lupa juga pemberian materi mengenai manfaat dan pentingnya kegiatan belajar yang dilakukan sehingga siswa akan mendapatkan makna dari setiap kegaitan yang dilakukan.(3) Bagi peneliti lain yang akan melalukan penelitian dengan subyek yang serupa disarankan agar mengambil populasi penelitian dari berbagai tingkatan pendidikan lain (SMP atau Universitas) sehingga dapat memberikan sumbangsihnya terhadap ilmu pengetahuan untuk menjelaskan besar kecilnya pengaruh dari kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar pada berbagai tingkatan pendidikan.