SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH TINGKAT INTELEGENSI (IQ) DANINTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 1 GONDANGLEGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

fikri khairul rozikin

Abstrak


ABSTRAK

 

Belajar merupakan proses yang nantinya akan mendapatkan hasil yang dinamakan hasil belajar. Belajar dapat dilakukan dimana saja baik di sekolah maupun di luar sekolah. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor  internal. Intensitas belajar termasuk dalam faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar, begitu pula tingkat intelegensi atau dengan nama lain kecerdasan yang juga termasuk faktor internal penunjang hasil belajar. Permasalahan ini muncul di kelas X SMAN 1 Gondanglegi. Siswa SMA tersebut tingkat belajarnya rendah karena intensitas belajarnya yang rendah, apabila guru memberikan tugas di sekolah mereka memilih mencontek pada salah satu temannya, begitu pula jika guru memberikan tugas rumah dikerjakan pagi hari di sekolah pada keesokan harinya. Siswa yang memiliki tingkat intelegensi rendah juga malas untuk belajar yang berakibat tidak berkembangnya pembelajaran mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat intelegensi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi, (2) pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi, (3) pengaruh tingkat intelegensi dan intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional yang menjelaskan variabel beserta hubungannya dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MIPA dan IIS kelas X SMAN 1 Gondanglegi dengan jumlah siswa 263 dan diambil sample dengan menggunakan teknik random sampling dengan memperoleh sample 158 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan program SPSS 16 for Windows.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 14.5 %. Kedua, terdapat pengaruh tingkat intelegensi terhadap hasil belajar sebesar 31.2 %. Terakhir, terdapat pengaruh secara simultan intensitas belajar dan tingkat inetelegensi terhadap hasil belajar sebanyak 45.7 %.

 

Saran pada penelitian ini yaitu: (1) Bagi pihak sekolah sebaiknya untuk lebih dikembangkan metode-metode yang dapat meningkatkan tingkat intelegensi siswa karena jika siswa sudah berada di rumah tidak ada metode akademik yang bisa dilakukan untuk melatih tumbuh kembang intelegensi siswa tersebut. (2) Sebaiknya para orang tua memperhatikan waktu anak dirumah dan juga ikut memantau pembagian waktu yang anak habiskan agar terjadi keseimbangan antara waktu belajar dan bermain mereka. (3) Semoga penelitian ini menjadi masukan bagi penelitian selanjutnya agar semakin sempurna hasil yang diharapkan baik oleh pihak sekolah, orang tua maupun masyarakat dan bangsa.