SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Gangguan Konsentrasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang

Vidya Dwi Astutik

Abstrak


ABSTRAK

 

Astutik, Vidya Dwi. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Gangguan Konsentrasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si.

 

Kata Kunci: Faktor-Faktor, Gangguan Konsentrasi Belajar, Ekonomi

Gangguan dalam berkonsentrasi sering dialami oleh para siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Siswa yang mengalami gangguan dalam berkonsentrasi tidak akan bisa memusatkan pikiran dan perhatiannya selama belajar. Masalah tersebut akan berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi menjadi rendah, terlebih lagi jika materi tersebut merupakan materi yang kompleks seperti materi-materi pada mata pelajaran ekonomi. Oleh karena itu, konsentrasi menjadi faktor yang penting untuk menentukan keberhasilan siswa dalam belajar mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah antara lain (1) mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa pada saat proses belajar mengajar ekonomi di kelas, (2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan gangguan konsentrasi belajar siswa, dan (3) mengetahui upaya guru ekonomi dalam mengatasi gangguan konsentrasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data didapat dengan menggunakan beberapa teknik pengumpul data. Pertama, dengan  melakukan observasi atau pengamatan langsung pada saat kegiatan pembelajaran ekonomi di kelas berlangsung. Kedua, melakukan wawancara dengan empat orang siswa kelas XI IPS 3 dan dua orang guru ekonomi yang mengajar di kelas tersebut. Ketiga, dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data pendukung penelitian. Dalam penelitian ini, triangulasi sumber data dan kajian teori digunakan untuk mengecek keabsahan data yang telah diperoleh di lapangan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa pada saat mengikuti pelajaran ekonomi di kelas masih rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak bisa memfokuskan pikiran dan perhatiannya secara penuh pada kegiatan pembelajaran. Terbukti dengan sikap dan partisipasi siswa yang kurang aktif dan antusias dalam belajar. Gangguan konsentrasi belajar tersebut disebabkan oleh  beberapa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi (1) rendahnya motivasi siswa dalam belajar, (2) rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran ekonomi, dan (3) kebiasaan siswa tidak sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi (1) pemilihan metode pengajaran yang kurang tepat oleh guru, (2) materi ekonomi yang dianggap sulit oleh siswa, (3) jadwal pelajaran ekonomi yang tidak sesuai harapan siswa, (4) cuaca dan iklim yang ekstrim, dan (5) suara bising yang ditimbulkan oleh kegiatan pembangunan gedung sekolah, serta suara gaduh dari siswa lainnya pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Solusi yang telah dilakukan guru ekonomi adalah dengan melakukan komunikasi yang baik dengan siswa, pemberian perhatian yang lebih, pemberian peringatan, pemberian penegasan, dan melakukan variasi pembelajaran.