SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Metode Pembelajaran Time Token Arends (TTA) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Batu

Candra Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan observasi awal di SMAN 1 Batu permasalahan yang ditemukan penulis pada kelas X IPS 2, siswa masih cenderung pasif dan kurang memperhatikan. Hal ini terlihat ketika guru memberikan sebuah permasalahan ekonomi, siswa yang duduk di depan cenderung aktif dan memperhatikan namun siswa yang duduk dibangku belakang cenderung pasif dan tidak memperhatikan. Untuk mengatasi hal ini, penulis mengimplementasikan metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 2. Melalui metode Time Token Arends (TTA) yang menggunakan kartu bicara sebagai alat utama untuk berdiskusi, siswa diberi kesempatan untuk berpendapat, bertanya, memberi sanggahan tentang masalah yang sedang dibahas dalam diskusi, sehingga kelas tidak didominasi oleh beberapa siswa yang aktif saja, namun siswa yang pasif juga memiliki kesempatan yang sama.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 di SMAN 1 Batu dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengambilan data pada penelitian ini meliputi observasi, soal pre test dan post test, dan dokumentasi.

Berdasarkan analisis pada lembar obsevasi, keaktifan siswa pada siklus I yaitu sebesar 66,98% dengan kategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan keaktifan siswa sebesar 8,3% menjadi 75,28% dengan kategori aktif. Hasil belajar pada post test siklus I yaitu sebesar 55,55%, terdapat 15 siswa dengan kategori tuntas dan 12 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 70,59. Sedangkan untuk hasil post test pada siklus II diketahui terdapat 24 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 78,11 dan dengan persentase hasil belajar klasikal sebesar 88,88%.

Dari serangkai ananalisis data keaktifan dan hasil belajar dengan mengimplementasikan metode pembelajaran Time Token Arends (TTA) pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Sehingga disarankan bagi guru untuk menerapkan pembelajaran metode Time Token Arends (TTA) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar, serta untuk menghindari siswa yang mendominasi dalam pembelajaran.