SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas X-AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang

Dita Rosa Yuana

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuana, Dita Rosa. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Kelas X-AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembibing: Drs. Sapir, S.Sos, M.Si.

 

Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif teknik Course Review Horay, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan yang berkualitas sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas serta mampu bersaing dalam era globalisasi.Olehkarenaitu, meningkatkanmutupendidikandanpengajaransebagianbesarterletakpadakegiatan guru dalammendorongsiswakearahtercapainyatujuanpendidikan. Makasalahsatutugasutamaseorang guru adalahberusahauntukmembantudanmembimbingsiswadalam proses belajarmengajar. Masalah yang sering terjadi di lapangan adalah rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurangnya motivasi belajar yang dimilikinya. Khususnya pada mata pelajaran ekonomi, belajar ekonomi dengan memahami banyaknya konsep terkadang membuat peserta didik menjadi tidak bersemangat dan  bosan. Maka dari itu guru dituntut mampu mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah metode pembelajaran kooperatif teknik Course Review Horay. Model pembelajaraninilebihmenekankanpadapemahamanmateri yang diajarkanoleh guru denganmenyelesaikansoal-soal. Atasdasar permasalah di atas, dipilihlah judul “PenerapanMetodePembelajaranKooperatifTeknikCourse Review HorayUntukMeningkatkanMotivasiBelajar Dan HasilBelajarSiswa Mata PelajaranPengantarEkonomi Dan BisnisKelas X-AkSmkMuhammadiyah 3 Singosari.”

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan. Tindakan yang akan diterapkan adalah metode pembelajaran kooperatif teknik Course Review Horay dan keadaan yang diperbaiki adalah otiasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Subjek yang enjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 48 orang. Prosedur pelaksanaan PTK ini terdiri dari dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen penelitian yaitu perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, soal pre test dan post test, lembar pengamatan motivasi belajar siswa, dan catatan lapangan. Penilaian motivasi belajar siswa menggunakan lembar pengamatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar diukur melalui soal pre test dan post test.