SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWTOON PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN KEBIJAKAN MONETER UNTUK SISWA KELAS XI IPS D SMA NEGERI 1 SINGOSARI

Marta Dwi Pangestu

Abstrak


ABSTRAK

 

Pangestu, Marta Dwi. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif PowToon PadaMata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter UntukKelas XI IIS D SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan EkonomiPembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing Drs. H Achmad Ali Wafa, M.Pd

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, PowToon

Media memegang peranan yang cukup penting dalam menyalurkan informasi dari guru kepada peserta didik. Pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK baik yang bersifat offline maupun online bisa dimanfaatkan oleh pendidik. Namun dalam praktiknya guru kurang menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran. Metode yang sering digunakan guru adalah ceramah, yang mengakibatkan siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga pemahaman mengenai materi kurang baik. Dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dalam proses pembelajaran akan membuat siswa lebih aktif dibandingkan dengan guru, untuk itu guru dituntut untuk menyediakan dan mengembangkan berbagai media pembelajaran ataupun sumber belajar sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik.

Pengembangan multimedia interaktif PowToon ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengasilkan sebuah media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter serta melihat dan mengujicobakan keefektifan rancangan multimedia interaktif. Produk pengembangan ini dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran untuk memberikan variasi dalam proses pembelajaran.

Model pengembangan  ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dari penulis. Oleh karena itu, dalam pengembangan multimedia interaktif PowToon ini dibagai menjadi delapan langkah yang terdiri dari (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap validasi ahli, (5) revisi produk awal, (6) tahap uji coba produk, (7) tahap penyempurnaan produk akhir, (8) produk akhir. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berupa hasil validasi ahli yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Data kualitatif berupa pendapat secara umum dari validator dan pengguna yang digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala Likert.

Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media ini “valid dan dapat digunakan” dengan rata – rata persentase ahli materi 1 sebesar 95%, ahli materi 2 sebesar 81,67%, ahli media sebesar 93,24%, dan uji coba lapangan sebesar 90,15%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif PowToon valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah. Saran diseminasi, diharapkan pengembangan media ini diserbarluaskan pada guru – guru di sekolah lain dengan tujuan dapat dikembangkan untuk mata pelajaran dan pokok bahasan lainnya dan diuji cobakan pada sekolah yang berbeda. Media ini juga dapat disebarluaskan melalui jurnal yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru maupun instansi pendidikan yang lain tentang pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran ini. Saran yang diberikan penulis bagi pengembang selanjutnya yaitu diharapkan dapat membuat media pembelajaran yang mempunyai kreatifitas dalam desain media untuk menambah kemenarikan tampilan pada media pembelajaran selanjutnya.

 

ABSTRACT

 

Pangestu, Marta Dwi. 2017. Development of PowToon Interactive Multimedia onEconomic Course in The Subject of Monetary Policy for Social ClassXI D SMA Negeri 1 Singosari. Thesis, Department of EconomicDevelopment, Faculty of Economics, State University of Malang.Supervisor: Drs. Achmad Ali Wafa, M.Pd.

 

Keywords: Instructional Media, Interactive Multimedia, PowToon

Media plays an important role in distributing information from teachers tolearners. Development and utilization of ICT-based learning media both offlineand online can be utilized by educators. However in practice, teachers use less oflearning media during the learning process. The method often used by teachers islecture, which causes students feel bored when following the lesson so that theunderstanding of the material is less good. By using the appropriate learningmedia in the learning process will make students more active than teachers, forthat teachers are required to provide and develop various learning media orlearning resources so that the students can understand the material well.

Development of PowToon interactive multimedia is aimed to develop andproduce a learning media in the form of interactive multimedia on the subject ofeconomics course of monetary policy as well as see and test the effectiveness ofinteractive multimedia design. This development product can be used by teacheras learning media to give variation in learning process.

This development model used a modified development model from Borgand Gall according to the author needs. Therefore, in the development ofPowToon interactive multimedia was divided into eight steps consisting of (1)requirement analysis phase, (2) planning stage, (3) development stage, (4) expertvalidation stage, (5) revision of initial product, (6) product trial stage,(7) the finalproduct improvement stage, (8) the final product. The type of data in this studyused quantitative data and qualitative data. Quantitative data were obtained theexpert validation results analyzed using descriptive percentage analysis.Qualitative data in the form of general opinion of the validator and the user wereused as consideration in revising the media developed. Validation of productcontents was done by using a questionnaire that equipped by scale rating based onLikert scale.

Validation test results showed that this media is "valid and usable" withaverage percentage of first material expert is 95%, second material expert is81,67%, media expert is 93,24%, and field trial is 90,15 %. Based on the results ofexpert validation and field trials it can be concluded that PowToon interactivemultimedia products are valid and suitable for used as a learning media in school.Suggestion of dissemination, it is expected that the development of this media isdisseminated to teachers in other schools with the aim to be developed for courseand other subjects and tested at different schools. This media can also bedisseminated through journals that aim to provide information to teachers andother educational institutions about the development and utilization of thislearning media. Author Suggestions for the next developer is expected to create aivlearning media that has creativity in the design of media to add attractivenessdisplay on the next learning media.