SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS DAMPAK FLYPAPER EFFECT TERHADAP KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI JAWA TIMUR

Wahyu Kurniana

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniana, Wahyu. 2017. Analisis Dampak Flypaper Effect terhadap Otonomi Daerah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si.

 

Kata Kunci: Flypaper Effect, Otonomi Daerah, Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tujuan pembangunan yang ingin dicapai oleh setiap negara. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah belanja daerah yang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Sumber pendanaan berupa PAD, DAU dan DAK memiliki kontribusi bagi pemerintah daerah dalam melakukan belanja daerah. Namun, permasalahan yang sering terjadi saat ini yaitu pemerintah daerah terlalu menggantungkan diri pada alokasi DAU untuk membiayai belanja tanpa mengoptimalkan potensi yang dimiliki daerah. Hal ini menimbulkan terjadinya indikasi inefisiensi pada dana transfer tersebut, yang lebih dikenal dengan istilah flypaper effect.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PAD, DAU dan DAK terhadap belanja daerah dan pertumbuhan ekonomi serta untuk mengetahui kemungkinan terjadinya Flypaper Effect pada belanja daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diambil dari publikasi resmi pemerintah. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kabupaten/kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan melakukan regresi data panel dengan menggunakan program Eviews 8 dan Microsoft Excel 2010.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Variabel pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Sedangkan Variabel belanja daerah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Variabel pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus secara tidak langsung melalui belanja daerah terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur adalah negatif dan belanja daerah tidak terbukti sebagai variabel antara. Nilai Koefisien dana alokasi umum dan dana alokasi khusus lebih besar dari pada nilai koefisien pendapatan asli daerah, sehingga dapa dikatakan bahwa telah terjadi Flypaper Effect pada belanja Kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2010-2014.