SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2015

Yanuar Wahyu Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo, Yanuar W. 2017. Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2015. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hadi Sumarsono, S.T, M.Si.

 

Kata Kunci: Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Pengangguran Terbuka, PertumbuhanEkonomi, Kemiskinan.

 

Salah satu sasaran pembangunan suatu negara adalah menurunnya jumlah penduduk miskin.Jawa Timur adalahprovinsi yang memiliki jumlah penduduk miskin terbesar di Indonesia. Penurunan kemiskinan sebagai indikator terciptanya pembangunan yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari pembangunan manusia.Dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menghsilkan tenaga kerja terdidik dan sesuai kompetensi akan menyerap tenaga kerja lebih banyak. Semakin banyaknya tenaga kerja yang terserap,secara langsung akan mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik. Hal tersebut akan berdampak pada penurunan jumlah penduduk miskin.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap kemiskinan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2010-2015. (2) mengetahui pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) terhadap kemiskinan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2010-2015. (3) mengetahui pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap kemiskinan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2010-2015. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi data paneldenganfixed effect model.

Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa faktor yang berpengaruhterhadapkemiskinan di Kabupaten/Kota ProvinsiJawaTimurtahun 2010-2015, yaitu : (1) Indeks Pembangunan Manusia berpengaruhnegatifdansignifikanterhadap kemiskinan. Dimana peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dapat mengurangi tingkat kemiskinan. (2) Tingkat Pengangguran Terbuka berpengaruhnegatifdantidaksignifikanterhadap kemiskinan. Hal tersebut dikarenakan mayoritas masyarakat Provinsi Jawa Timur bekerja pada sektor pertanian dan sektor informal. (3) Pertumbuhan ekonomi berpengaruhpositifdantidaksignifikanterhadap kemiskinan. Hal ini disebabkan karena tidak meratanya pendapatan atau terjadi ketimpangan.