SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Sesuai Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Malang

HARIS SUSETYO NUGROHO

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Haris Susetyo. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Sesuai Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Haryono, S.E., M.P., A.k.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Penilaian, Kurikulum 2013.

Penilaian merupakan komponen penting dalam proses dan penyelenggaraan pendidikan. Suatu penilaian yang baik akan mendorong guru untuk menentukan strategi mengajar yang baik dan memotivasi peserta didik untuk belajar dengan baik. Pelaksanaan penilaian yang dilakukan guru harus sesuai dengan standar penilaian yang telah diatur. Penilaian dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan, proses, dan hasil pembelajaran, yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Perencanaan penilaian pembelajaran mata pelajaran ekonomi sesuai kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Malang, (2) Pelaksanaan penilaian pembelajaran mata pelajaran ekonomi sesuai kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Malang, dan (3) Faktor-faktor yang menjadi kendala pada saat pelaksanaan penilaian pembelajaran mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif- studi kasus. Data penelitian berupa hasil rekaman pada saat melakukan wawancara, catatan hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi berupa arsip dokumen penilaian, dan catatan lapangan pada saat melakukan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri, lembar wawancara, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) evaluasi pada tahap perencanaan penilaian pembelajaran mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang berjalan sesuai dengan standar penilaian. Hal ini dibuktikan bahwa dalam rancangan penilaian yang ada di dalam RPP sudah memuat indikator pencapaian kompetensi yang akan diukur, teknik dan instrument penilaian yang bervariasi, dan petunjuk pengolahan penilaian. (2) Evaluasi pada tahap pelaksanaan penilaian pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang berjalaan sesuai dengan standar penilaian. Hal ini dibuktikan bahwa dalam mengukur aspek afektif dilakukan dengan pengamatan langsung pada saat proses belajar mengajar, untuk mengukur aspek kognitif dilaksanakan dalam bentuk penugasan dan penilaian keterampilan dilaksanakan dalam bentuk ujuk kerja. (3) Tidak terdapat faktor-faktor kendala pada segi perencanaan penilaian pembelajaran. Di sisi laian, dalam segi pelaksanaan penilaian, guru kelas XI sedikit mengalami kendala, dimana yang menjadi kendala pelaksanaan penilaian pembelajaran guru kelas XI adalah faktor internal.