SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ketertarikan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Lintas Minat Di SMA Negeri 1 Lawang Tahun Ajaran 2016/2017

WAHYU NILA MEGASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyu, Nila Megasari. 2017. Ketertarikan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Lintas Minat Di SMA Negeri 1 Lawang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Fakltas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd

 

Kata Kunci: ketertarikan, guru atau pengajar, bahan ajar, media pembelajaran, fasilitas pendidikan.

Ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi berbeda-beda, tergantung dengan faktor yang mempengaruhinya. Ada yang dipengaruhi oleh faktor internal ada juga dengan faktor eksternal. Faktor internal terkait dengan psikologi sedangkan faktor eksternal tentang pengaruh dari luar diri siswa. Dalam penelitian ini penulis menekankan pada faktor yang ada didalam kelas. Partisipasi, aktiv, kreatif, efektif dan menyenangkan merupakan tanda adanya ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi pada mata pelajaran ekonomi kelas XI lintas minat di SMA Negeri 1 Lawang dan untuk mengetahui apakah yang menjadi faktor utama dalam membuat siswa tertarik dengan mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi.

Dari penelitian ini diketahui bahwa ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI lintas minat adalah faktor guru, faktor bahan ajar, faktor media pembelajaran, faktor fasilitas pembelajaran. Dilihat dari faktor guru atau pengajar tergolong tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara bahwa siswa sangat tertarik dengan cara guru mengajar yang enak, santai dan tidak membosankan. Ketertarikan siswa  pada mata mata pelajaran ekonomi melalui faktor bahan ajar juga tergolong tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan sangat jelas dan mudah dipahami. Dari segi media, ketertarikan dari segi media yang digunakan oleh guru tergolong tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi menerik karena guru menggunakan media power point dan terkadang juga menggunakan vidio dalam menyampaikan materinya. Dilihat dari faktor fasilitas pendidikan juga sangat menarik. Siswa mengatakan bahwa fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis memberi saran agar cara mengajar guru ditingkatkan dan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa lebih tertarik dengan mata pelajaran ekonomi dan siswa juga dapat meningkatkan hasil belajar. Dalam hal media pembelajaran, guru sebaiknya terus mengembangkan media yang digunakan, agar siswa lebih tertarik dengan pelajaran ekonomi. Keberadaan fasilitas yang disekolah harus semakin ditingkatkan, Wifi sekolah yang kadang kurang difungsikan agar segera diperbaiki, supaya siswa lebih bersemangat untuk belajar.