SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Quantum Learning dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas XI Lintas Minat Ekonomi SMA Negeri 1 Tumpang

Ana Sichatul Fitria

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitria, Ana Sichatul. 2017. PenerapanPerpaduan Model Pembelajaran Quantum Learning dan Mind Mapping untukMeningkatkanHasilBelajardanKreativitasPesertaDidikpada Mata PelajaranEkonomi di Kelas XI LintasMinatEkonomi SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Program Studi S-1 PendidikanEkonomi, JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Sapir, S.Sos, M.Si.

 

Kata Kunci: Quantum Learning, Mind Mapping, HasilBelajar, Kreativitas

Proses pembelajaranmencakupbeberapakomponen yang menjadisuatukesatuansistempembelajaran. Adapunkomponentersebutmeliputi guru, pesertadidik, matapelajaran, materipelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, sumberbelajar, danhasilbelajar. Adapunkeberhasilandarisuatu proses pembelajaransangatdipengaruhiolehkeberadaansekaligusperanankomponen-komponen di atas. Pada proses pembelajaranekonomi di kelas XI LintasMinatEkonomi SMA Negeri 1 Tumpang, guru menggunakan model pembelajaran yang tidakmenuntutsiswauntukberperanaktif. Sehinggamenyebabkanhasilbelajarsiswa yang masihrendah. Kebiasaansiswadalammembuatcatatanmaterisecarakeseluruhan, tidakmencatatpoin-poinpentingnyasajamengindikasikanbahwakreativitassiswajugamasihrendah. Olehkarenaitudiperlukan model pembelajaran yang tepat, menyenangkan, dandapatberpengaruhpositifterhadappeningkatanhasilbelajardankreativitassiswa. Model pembelajarantersebutadalah model pembelajaranquantum learning danmind mapping. Penerapan model pembelajaranquantum learning danmind mappingmenekankanpadapembelajaran yang santai, menyenangkan, danmelatihsiswauntukmembuatcatatanmateri yang lebihkreatifdenganmenggunakanunsurwarna, garis, dangambar. Pembuatanmind mapping olehsiswadilakukansecaraindividumaupunkelompok. Denganadanyasuasanabelajar yang menyenangkandancatatanmanteri yang kreatif, makapemahamandandayaingatsiswaakanmeningkat.

Penelitianinidilaksanakan di kelas XI LintasMinatEkonomi SMA Negeri 1 Tumpang yang berjumlah 40 siswaterdiridari 31 siswaperempuandan 9 siswalaki-laki. Pengambilan data penerapan model pembelajaranquantum learning danmind mapping denganmenggunakaninstrumenlembarobservasikegiatan guru, data hasilbelajarmenggunakaninstrumensoalpre testdanpost test, dan data kreativitassiswamenggunakanlembarobservasikreativitassiswadalampembuatanmind mapping.

Berdasarkan data yang diperoleh, terjadipeningkatanhasilbelajardankreativitassiswakelas XI LintasMinatEkonomi. Hal tersebutditunjukkandengankeberhasilantindakanpenelitidalammenerapkan model pembelajaranquantum learning danmind mapping yaitupadasiklus I keberhasilanpenelitimencapai 74% yang dikategorikanbaik (B) kemudianmeningkatpadasiklus II sebesar 90% yangdikategorikansangatbaik (A). Peningkatanhasilbelajarsiswadarisiklus I sebesar 76% menjadi 95% padasiklus II, ataumeningkatsebesar 19%. Sedangkanpeningkatankreativitassiswadalampembuatanmind mapping baiksecaraindividumaupunkelompokditunjukkandenganadanyasiswadankelompok yang berhasilmencapaikategorisangatbaik (A) padasiklus II, yang mulanyatidakadasiswaataukelompok yang mencapaikategoritersebut. Keberhasilantindakanpenelitisangatbaik (A). Adapunrentangannilaidarikategorisangatbaik (A) adalah 80 – 100. Berdasarkanhasilpenelitianpenerapanperpaduan model pembelajaranquantum learning danmind mapping, disarankanbagi guru khususnya guru ekonomiuntukmenerapkan model pembelajarantersebut agar hasilbelajardankreativitassiswadapatmeningkat.