SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan

DINI WAHYUNING TYAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Tyas, Dini, Wahyuning. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Achmad Ali Wafa, M.Pd.

 

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Cara Belajar, dan Hasil Belajar.

 

Belajar merupakan suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik. Belajar dapat dilakukan dimana saja (di sekolah maupun di luar sekolah). Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang dimaksud disini yaitu lingkungan keluarga yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk faktor internal yang dimaksud disini yaitu cara belajar yang juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan seperti ini muncul pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati, dimana siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati mempunyai lingkungan keluarga  yang baik dan cara belajar yang baik dengan intensitas belajar yang cukup. Dengan begitu hasil belajar yang dimiliki siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati juga baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati (2) pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati (3) pengaruh lingkungan keluarga dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati pada mata pelajaran ekonomi.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanasi. Populasi penelitian ini berjumlah 137 siswa dan sampel pada penelitian ini berjumlah 102 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil data dianalisis menggunakan program SPSS 21.00 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati (2) cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati (3) lingkungan keluarga dan cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Grati pada mata pelajaran ekonomi.

Saran pada penelitian ini: (1) diharapkan penelitian ini bisa menambah wawasan bagi penulis selanjutnya yang ingin meneliti tentang objek yang sama.

 

ABSTRACT

 

Tyas, Dini, Wahyuning. 2017. The Effect Of Family Environment And Student Learning Way For Student Learning Outcomes In Economics Subject Of Eleven Grader Social Science At SMA Negeri 1 Grati Pasuruan. Bachelor Thesis, Departement of Economic Development, Economic Faculty of Malang State University. Advisor: Drs. Achmad Ali Wafa, M.Pd.

 

Keyword: Family Environment, Learning way, Learning outcomes.

 

Learning is changing process to a good thing. It can be done in everywhere (in school or out school). The learning outcomes influenced  by 2 factor there are external factor and internal factor. The external factor is his family environment that influence the student’s learning outcomes. Internal factor is the student’s learning way that influence the student’s learning outcomes. Those problems exist in the eleven grader social science at SMA Negeri 1 Grati Pasuruan, the eleven grader social science at sman 1 grati have a good family environment and they have a good learning way with sufficient learning intensity. Therefore, they have good learning outcomes.

This research aims to know : (1) The influence of family to 11th social student of SHS 1 Grati student’s learning outcomes, (2) The influemce of learning way to 11th social student of SHS 1 Grati student’s learning outcomes, (3) The influence of family and learning process to 11th social student of SHS 1 Grati student’s learning outcomes in economy lesson.

This research using explanation quantitative method. The population is 137 students and the sample of this research is 102 students. The collecting data of this research is done by using questionnaire and documentation. The result is analyzed using SPSS 21.00 windows program.

The result of this research show that : (1) Family environment influences the learning outcomes of 11th social student of SHS 1 Grati, (2) Learning way influences the learning outcomes of 11th social student of SHS 1 Grati, (3) Family environment and learning way influence the learning outcomes of 11th social student of SHS 1 Grati.

Suggestion of this research : (1) This research hoped can to add insight for next researchers who want to research about the same object.