SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Turen Tahun Ajaran 2016/2017

Indah Tri Isnani

Abstrak


ABSTRAK

 

Isnani, Indah Tri. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi padaSiswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd

 

Kata kunci: Kesulitan belajar, Faktor Intern, FaktorEkstern

Setiap siswa memiliki tingkat kesulitan belajar  yang berdeba-beda, terutama pada Mata Pelajaran Ekonomi. Berdasarkan tingkat kesulitan belajar  yang dialami oleh siswa pada materi yang telah disampaikan ketika pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi tidak semua siswa mampu memperoleh nilai yang baik. Hal ini bias dipengaruhi oleh beberapafaktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern.

Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor  intern apasaja yang menyebabkan kesulitan belajar  yang dialami siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen, (2) Faktor ekstern apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar  yang dialami siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang  mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologi. Pada proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Turen. Informan dari penelitian ini adalahsiswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turendan guru Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen.

Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan adalah faktor  yang menyebabkan kesulitan belajar terdiri dari faktor intern yang meliputi faktor jasmani yang terdiridari cacat tubuh, dan kesehatan, faktor psikologi yang terdiri dari bakat, kebiasaan belajar, kesiapan belajar, motivasi dan perhatian.Faktor ekstern yang meliputi lingkupan keluarga yang meliputi cara orang tua mendidik, dan relasi anggota keluarga, faktor lingkungan masyarakat yang terdiri dari bentuk kehidupan masyarakat, kegiatan siswa dengan masyarakat, dan teman bergaul, serta faktor sekolah yang terdiri dari metode belajar, metode mengajar, relasi guru dengn siswa, relasi siswa dengan siswa, sumber belajar, dan tugas sekolah.