SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengelolaan Kelas X IPS Dalam Pembelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017

Fitria Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Fitria. 2017. Analisis Pengeloaan Kelas X IPS dalam Pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: Pengelolaan kelas X IPS, Pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kauman Tulungagung.

​Pengelolaan kelas sangatlah penting karena dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif sehingga mencapai tujuan belajar dan mengajar secara efektif. Guru dituntut untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar menjadi optimal apabila terjadi gangguan selama proses pembelajaran. Jika guru belum mampu mengelola kelas dengan baik maka akan timbul masalah-masalah, seperti siswa ramai, siswa celometan dan siswa tertidur sata guru menjelaskan materi.

​Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispengaturan ruang kelas dan keterampilan guru mengelolan kelas dalam Pembelajaran Ekonomi yaitu keterampilan memberikan sikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberikan petunjuk yang jelas, menegur, memberi penguatan, modifikasi tingkah laku siswa, pemecahan masalah kelompok, menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan  masalah, dan menghindari beberapa kekeliruan didalam kelas.

​Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian fenomenologi karena peneliti ingin menganalisis fenomena yang terjadi mengenai pengelolaan kelas X IPS dalam Pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kauman Tulungagung. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Mata Pelajaran Ekonomi di kelas X IPS dan beberapa siswa kelas X IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Model analisis data dalam penelitian ini yaitu model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil temuan penelitian yaitu indikator pengaturan ruang kelas meliputi mengubah tempat duduk, persiapan alat mengajar masih kurang. Beberapa indikator komponen keterampilan guru dalam pengelolaan kelas seperti menunjukkan sikap tanggap kepada siswa, membagi perhatian kepada siswa, memberkan petunjuk yang jelas kepada siswa, memberikan teguran jika ada siswa yang mengganggu di kelas serta menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah di dalam kelas sudah baik. Saran bagi guru Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPS yaitu melihat dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis, diharapkan guru Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Kauman Tulungagung dapat memaksimalkan komponen-komponen keterampilan pengelolaan kelas dan bagi peneliti selanjutnya yaitu diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian yang sama yaitu pengelolaan kelas dalam Pembelajaran Ekonomi, maka penelitian selanjutnya dapat dikembangkan menjadi lebih baik.