SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang Tahun 2011-2015

Nur Ismaiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam era otonomi daerah, daerah diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Sejalan dengan kewenangan tersebut, pemerintah daerah diharapkan lebih mampu menggali sumber-sumber pembiayaan salah satunya melalui Pendapatan Asli Daerah. Pendapatan Asli Daerah bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, keuntungan perusahaaan milik daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. Kota Malang sebagai daerah otonom memiliki perkembangan ekonomi yang tinggi khususnya di sektor industri besar maupun kecil yang tumbuh begitu cepat. Bagi pemilik industri besar dan kecil sangat menginginkan agar produknya  semakin dikenal masyarakat, maka mereka membutuhkan media reklame. Jelas nampak sekali dari setiap sudut kota Malang yang banyak terpampang berbagai macam media reklame. Penerimaan pajak reklame di kota Malang dari tahun 2011-2015 mengalami peningkatan, namun wajib pajak reklame selalu mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah kota Malang tahun 2011-2015 dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam mengatasi permasalahan pajak reklame guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, ditujukan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci serta mendeskripsikan hasil penelitian, dalam metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pajak reklame dari tahun 2011-2015 mengalami fluktuatif dengan rata-rata sebesar 4,50% berada dalam kriteria baik bagi pendapatan asli daerah kota Malang. Kenaikan PAD terbesar selama tahun 2011-2015 pada tahun 2013 yang menyebabkan adanya penurunan kontribusi pajak reklame terhadap PAD. Peningkatan PAD dan penerimaan pajak reklame kota Malang dari tahun 2011-2015 dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, namun wajib pajak reklame selalu mengalami penurunan. Masalah pajak reklame yang ada di Kota Malang ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat kota Malang dengan pajak reklame, dan kurangnya pengawasan pemerintah daerah dalam menangani wajib pajak yang tidak membayar pajak. Maka dalam menangani permasalahan pemerintah daerah kota Malang khususnya pihak BPPD melakukan 31 terobosan guna meningkatkan pendapatan asli daerah khususnya pajak daerah.