SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Tahun Ajaran 2016/2017

Maharani Maruapey

Abstrak


ABSTRAK

Maruapey, Maharani. 2017. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadapPerilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E.

Kata Kunci: literasi ekonomi, gaya hidup, siswa, remaja, perilaku konsumsi

Perilaku konsumsi siswa banyak mengalami perubahan, dikhawatirkan tindakan tersebut menjurus ke perilaku yang konsumtif. Hal ini ditengarai dengan marak berdirinya pusat perbelanjaan, tempat ngopi, restaurant dan lain lain.  Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi adalah literasi ekonomi dan gaya hidup. Perilaku konsumsi yang baik bertujuan agar seorang konsumsen dapat bijak dan rasional dalam melakukan kegiatan ekonomi. Lebih lanjut, remaja merupakan pangsa pasar karena remaja mudah terbujuk rayu dengan kemasan suatu produk tanpa memperdulikan manfaat dan nilai barang tersebut. Sehingga diharapkan dengan dimilikinya literasi ekonomi diharapkan siswa yang notabene adalah remaja dapat melek ekonomi dan dapat memilah-milah antara kebutuhan maupun keinginan. Literasi ekonomi didapatkan melalui pembelajaran mata pelajaran ekonomi secara formal di sekolah. Selain itu, siswa yang memiliki gaya hidup tidak suka berhura-hura menunjukkan bahwa siswa tersebut mempunyai perilaku konsumsi yang bijak dan rasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu.

Peneliti memilih SMA Negeri 1 Batu sebagai lokasi penelitian dan menjadikan siswa kelas XI IPS  sebagai populasi dan sampel. Jumlah populasi adalah sebanyak 155 siswa. dalam pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 112 siswa. pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebarang kuesioner dan tes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) Uji Asumsi Klasik, (4) Uji Regresi Linier Berganda, (5) Uji Hipotesis, (6) Uji Sumbangan Efektif, dan (7) Uji Koefisien determinansi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi ekonomi dan gaya hidup mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumsi. Gaya hidup mempunyai pengaruh yang paling kuat atau dominan.


 

ABSTRACT

Maruapey, Maharani. 2017. The Impact of Economic Literacy and Lifestyle towards Consumption Behaviorof 11th Social Department Grader SMA Negeri 1 Batu Academic Year 2016/2017. Thesis. Economic Department,Economic Faculty, State University of Malang. Advisor : Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E.

Keywords: economic literacy, lifestyle, student,adolescents, consumptions behavior

The behavior of students consumption changed a lot, it is feared that action leads to consumptive behavior. This is suspected by the widespread establishment of the shopping center, where coffee, restaurant and others. One of the influenting factors of consumption behavior are economic literacy and lifestyle. Consumption behavior intended thata consumer can be wise and rational in economic activity. Futhermore, adolescents are market share as easily persuaded teenagers by the packaging of a product without considering the benefits and value of goods. So expect with its good economic literacy, students who in fact are teenagers can be literate economy and sort out between needs and wants. Economic literacy learning acquired through formal economic subjects in school. In addition, students who have a lifestyle like the frivolous show that these students have behavior that is wise and rational consumption. The purpose of this study was to determine the Impact of Economic Literacy and The Lifestyle of the Consumption Behavior of 11th Social Department Grader SMA Negeri 1 Batu.

The researcher chooseSMA Negeri 1 Batuas a research location and 11thth Social department grader as a population and sample. The numbers of population are 155 students. Simple random sampling is used to choose the sample.Slovin formula is used to determine the number of sample, which get 112 students. In Collecting the data, it use the primer data by distribusing the research questioners and test. The research use quantitative method by analyzing the data, such as: (1) Validity Test, (2) Reliability Test, (3) Classic Asumption Test, (4) Multiple Linear Regression Test, (5) Hypothesis Test, (6) Test Coefficients of Beta, dan (7) Test Coefficient of  Determination.

The result shows that economic literacy and lifestyle have a positive impact both in partial and simultaneously. Lifestyle has a dominant impact.