SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Mukhammad Bagus Satria

Abstrak


 

ABSTRAK

Satria, Mukkhammad Bagus. 2017. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu PadaMata Pelajaran Ekonomi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto,M. Si.

 

Kata Kunci : Faktor-Faktor, Kesulitan, Belajar.

           

Ekonomi telah menjadi sesuatu yang penting dalam kehidupan masyarakat. Sebagai upaya untuk memahami ekonomi dan ilmu-ilmunya, ekonomi telah menjadi salat satu bidang ilmu yang dipelajari dalam satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas sederajat yang diwujudkan dalam mata pelajaran ekonomi. Menyadari pentingnya menguasai ilmu-ilmu ekonomi yang dipelajari pada tingkat Sekolah Menengah Atas sederajat, siswa dituntut mampu menguasai ilmu-ilmu ekonomi yang dipelajari pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Namun, saat ini terdapat siswa yang hasil belajarnya tidak memenuhi KKM. Hal tersebut menunjukkan masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar. hal tersebut juga terjadi para beberapa siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Kota Batu yang pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar 3.1. Pendapatan Naisonal. Untuk itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar para siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif-fenomenologi. Data primer penelitian didapat dari hasil rekaman pada saat melakukan wawancara. Data sekunder didapat dari dokumentasi yang berupa nilai kumulatif para siswa kelas XI IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen manusia yaitu peneliti sendiri dan lembar pedoman wawancara,. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi sumber yang didapatdariinforman lain.

Berdasarkanhasilpeneitian, para siswa yang mengalami kesulitan belajar memiliki faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi khususnya kompetendi dasar 3.1. pendapatan nasioanl yang berbeda-beda. faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu adalah faktor kesehatan jasmani, faktor minat, faktor motivasi, dan faktor perhatian. Sementara faktor eksternalnya adalah faktor metode mengajar guru, faktor sumber belajar dan faktor lingkungan masyarakat.

Saran dari peneliti bagi guru adalah hendaknya dapat memberikan dukungan dan dorongan terhadap siswa, serta hendaknya dapat memberikan pemahan bagi siswa untuk dapat memakai sumber belajar lain. Bagi madrasah hendaknya dapat mengkaji tidak adanya buku paket ekonomi. Bagi peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar.