SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Tahun Ajaran 2016/2017

Maharani Maruapey

Abstrak


ABSTRAK

Maruapey, Maharani. 2017. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadapPerilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, M.Div., M.E.

Kata Kunci: literasi ekonomi, gaya hidup, siswa, remaja, perilaku konsumsi

Perilaku konsumsi siswa banyak mengalami perubahan, dikhawatirkan tindakan tersebut menjurus ke perilaku yang konsumtif. Hal ini ditengarai dengan marak berdirinya pusat perbelanjaan, tempat ngopi, restaurant dan lain lain.  Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi adalah literasi ekonomi dan gaya hidup. Perilaku konsumsi yang baik bertujuan agar seorang konsumsen dapat bijak dan rasional dalam melakukan kegiatan ekonomi. Lebih lanjut, remaja merupakan pangsa pasar karena remaja mudah terbujuk rayu dengan kemasan suatu produk tanpa memperdulikan manfaat dan nilai barang tersebut. Sehingga diharapkan dengan dimilikinya literasi ekonomi diharapkan siswa yang notabene adalah remaja dapat melek ekonomi dan dapat memilah-milah antara kebutuhan maupun keinginan. Literasi ekonomi didapatkan melalui pembelajaran mata pelajaran ekonomi secara formal di sekolah. Selain itu, siswa yang memiliki gaya hidup tidak suka berhura-hura menunjukkan bahwa siswa tersebut mempunyai perilaku konsumsi yang bijak dan rasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu.

Peneliti memilih SMA Negeri 1 Batu sebagai lokasi penelitian dan menjadikan siswa kelas XI IPS  sebagai populasi dan sampel. Jumlah populasi adalah sebanyak 155 siswa. dalam pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 112 siswa. pengumpulan data menggunakan data primer dengan penyebarang kuesioner dan tes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) Uji Asumsi Klasik, (4) Uji Regresi Linier Berganda, (5) Uji Hipotesis, (6) Uji Sumbangan Efektif, dan (7) Uji Koefisien determinansi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi ekonomi dan gaya hidup mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumsi. Gaya hidup mempunyai pengaruh yang paling kuat atau dominan.