SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MINAT BACA DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kepanjen Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017)

Rahmadian Fachrizal

Abstrak


ABSTRAK

 

Fachrizal, Rahmadian. 2016. Pengaruh Minat Baca dan Keterampilan SosialTerhadap Hasil Belajar Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPSSMA Negeri 1 Kepanjen). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan,Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si., (II) Drs.Mardono, M.Si.

 

Kata Kunci : Minat Baca, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar.

Sasaran pendidikan adalah manusia, pendidikan bermaksud membantu peserta didik untuk menumbuh kembangkan potensi-potensi kemanusiaanya. Potensi kemanusiaan merupakkakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia. Ibarat biji mangga bagaimanapun wujudnya jika ditanam dengan baik, pasti menjadi pohon mangga dan bukan menjadi pohon jambu.Tirtarahardja dan Lasula (2005:187) “ Pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai pihak, khususnya keluarga, sekolah, dan masyarakat sebagai lingkungan pendidikan yang dikenal sebagai tripusat pendidikan”.

Untuk mencetak SDM yang berkualitas dibituhkn pendidikan. Sekolah merupakan lembaga formal untuk mendapatkan pendidikan. Disekolah inilah siswa akan mendapatkan segala pendidikan. Hasil belajar merupakan rekapan hasil setelah siswa menerima pendidikan di sekolah. Menurut Sudjana ada dua hal yang mempengaruhi hasil belajar, yakni faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal adalah faktor yang mempengarui yang berasal dari diri siswa itu sendiri, seperti kemampuan yang dimiliki, motivasi belajar, minat baca, ketekunan dan kebiasaan belajar sedangkan faktor faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti faktor lingkungan dan faktor pengajaran. Variabel dalam penelitian ini adalah minat baca dan keterampilan sosial sebagai variabel independen serta hasil belajar sebagai variabel dependen.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial antara minat baca terhadap hasil belajar (1), pengaruh secara parsial antara keterampilan sosial terhadap hasil belajar (2) dan pengaruh secara simultan antara minat baca dan keterampilan sosial terhadap hasil belajarekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 (3).

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuisoner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 128 siswa dengan sampel sebanyak 96 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistic Version 23.

Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara minat baca terhadap hasil belajarsebesar 39,5 %. Keterampilan sosial juga mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap hasil belajar  sebesar 31,6 %. Selain itu terdapat pula pengaruh secara simultan atau bersama-sama antara minat baca dan keterampilan sosial terhadap hasil belajarSiswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen tahun ajaran 2016/2017.

Saran yang dapat direkomendasikan bagi SMA Negeri 1 Kepanjen, khususnya progras IPS, sebagai bahan pertimbangan dan masukan untuk meningkatkan intensitas program-program yang dapat mendorong dan meningkatkan minat baca serta keterampilan sosial karena tingginya minat baca dan baiknya keterampilan sosial sangat mempengaruhi hasil belajar. Bagi Guru pengajar ekonomi, hendaknya memberi pengajaran yang membiasakan anak untuk membaca dan secara aktif ikut dalam pembelajaran. Bagi penelitianselanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan hasil belajar.