SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (StudiPadaSiswaKelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi)

Maya Alfianita

Abstrak


ABSTRAK

 

Alfianita, Maya. 2017. Pengaruh Keaktifan Siswa dan Pemanfaatan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak.

 

Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Pemanfaatan Bahan Ajar, Hasil Belajar

 

Hasil belajar siswa kelas XI IPS Negeri 1 Gondanglegi pada Mata Pelajaran Ekonomi belum mencapai hasil yang maksimal secara keseluruhan. Dari permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk meneliti penyebab belum maksimalnya hasil belajar siswa. Kemudian peneliti menduga bahwa ada faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan hasil belajar belum maksimal. Dalam penelitian ini, faktor internal yang diteliti adalah keaktifan siswa, dan faktor eksternalnya adalah pemanfaatan bahan ajar.

Keaktifan siswa secara fisik maupun mental sangat penting karena pengetahuan, sikap, dan keterampilan diperlukan adanya suatu aktifitas yang dapat mengasah kemampuan tersebut. Disamping itu, bahan ajar yang dimiliki siswa dan yang telah di sediakan disekolah maupun baik cetak (modul, buku paket, handout, LKS) maupun non-cetak (video, powerpoint, artikel pelajaran di internet) harus dimanfaatkan dengan baik. Dengan memanfaatkan bahan ajar, akan membuat siswa memiliki pengetahuan yang lebih luas.

Tujuan penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi, (2) pengaruh pemanfaatan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi, (3) pengaruh keaktifan siswa dan pemanfaatan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Gondanglegi.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan populasi kelas X1 IPS yang berjumlah 80 siswa. Jumlah sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi yakni 80 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 20.

Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gondanglegi dengan hasil sumbangan efektif sebesar 29.3%. Ada pengaruh antara pemanfaatan bahan ajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gondanglegi dengan hasil sumbangan efektif sebesar 40.1%. Ada pengaruh secara simultan antara keaktifan siswa dan pemanfaatan bahan ajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gondanglegi yang ditunjukkan dengan uji F bahwa nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Jadi keaktifan siswa dan pemanfaatan bahan ajar mempengaruhi hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS  SMA Negeri 1 Gondanglegi.