SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh IQ, Minat Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS MAN Kota Batu Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017

Iin Cahyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyanti, Iin 2017. Pengaruh IQ, Minat Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS  MAN Kota Batu Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto, Msi

Kata Kunci :  IQ, Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil belajar.

Dalam sebuah proses pembelajaran akan terlihat hasil belajar yang beragam. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, untuk faktor internal salah satunya IQ, tetapi kenyataannya ada siswa yang memiliki IQ tinggi tidak memperoleh hasil belajar yang maksimal sedangkan ada siswa yang memiliki IQ relatif rendah memiliki hasil belajar yang baik, oleh karena itu ada faktor lain seperti minat belajar dan lingkungan belajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh IQ terhadap hasil belajar, pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar dan pengaruh IQ, minat belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini  kelas X-IPS MAN Kota Batu, berjumlah 120 siswa  dan  akan diambil sampel sebesar 92 dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu angket untuk melihat minat belajar dan lingkungan belajar serta dokumentasi untuk melihat skor IQ dan nilai akhir semester siswa. Untuk uji instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan dalam analisis data menggunakan analisis statistik deskriptive, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastis, analisis regresi linier berganda, Uji hipotesis meliputi uji t, dan uji F, koefisien determinasi (R2) dan sumbangan efektif.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh bahwa (1), Ada pengaruh secara parsial antara tingkat IQ terhadap  hasil belajar siswa kelas X-IPS MAN Kota Batu (2) Ada pengaruh secara parsial antara Minat belajar terhadap  hasil belajar siswa kelas X-IPS MAN Kota Batu (3)  Ada pengaruh secara parsial antara lingkungan belajar terhadap  hasil belajar siswa kelas X-IPS MAN Kota Batu(4) Ada pengaruh secara simultan antara IQ, minat belajar dan  lingkungan belajar terhadap  hasil belajar siswa kelas X-IPS MAN Kota Batu.

Dalam penelitian ini saran yang diberikan penulis.(1) Kepala sekolah hendaknya mengetahui bagaimana kondisi lingkungan sekolah agar bisa memperbaiki lingkungan sekolah seperti LCD tersedia dengan baik sehingga baik guru maupun murid dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik. (2) Guru  hendaknya  dapat  mengetahui  tingkat  minat belajar  siswanya agar dapat memberikan langkah yang tepat untuk  mengarahkan dan membangun siswa sesuai dengan apa yang mereka sukai sehingga berpengaruh baik kepada hasil belajarnya.