SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Ketrampilan Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Laboratorium UM

Nur Fadhilatul Lailiyah

Abstrak


ABSTRAK

Lailiyah, Nur, Fadhilatul. 2017. Analisis Ketrampilan Guru Mata Pelajaran Ekonomi dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W., S.E, M.P. Ak

Kata Kunci: pengelolaan kelas, ketrampilan guru.

 

Ketrampilan guru dalam pengelolaan kelas sangat penting karena dengan pengelolaan kelas yang baik, guru akan mampu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal. Guru juga akan mampu mengembalikan ke kondisi belajar optimal jika terjadi gangguan – gangguan pada saat proses pembelajaran. Sehingga pelajaran akan terserap baik pada diri peserta didik dan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan guru.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Laboratorium UM. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan guru mata pelajaran ekonomi dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Laboratorium UM sudah baik dalam memelihara kondisi di dalam kelas. Guru perlu lebih komunikatif dalam menciptakan komunikasi yang baik dengan siswa. Dalam melakukan pengelolaan diskusi kelas guru perlu memberikan game dan motivasi pada siswa. Namun, guru perlu lebih tegas dalam menegur dan berkeliling kelas untuk mengontrol perilaku siswa

Saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi guru diharapkan dapat menguasai ketrampilan mengelola kelas secara maksimal. Ketrampilan pengelolaan kelas merupakan satu kesatuan yang mendukung satu sama lain dalam menciptakan kelas yang kondusif dan optimal sebagai lingkungan belajar siswa (2) bagi pihak sekolah untuk senantiasa tetap memperhatikan dan meningkatkan kualitas mengajar dari para guru untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kedepannya. Komunikasi dan kerjasama pihak sekolah dengan para guru akan sangat berpengaruh dalam menciptakan siswa yang terdidik dan berkualitas (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk bisa mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan fokus yang lainnya serta bisa menjadi acuan untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam pengelolaan kelas kedepannya.