SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Tindak Plagiarisme dalam Penyusunan Penulisan Skripsi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Tahun 2014-2016, Universitas Negeri Malang

Nur Holipah

Abstrak


ABSTRAK

 

Holipah, Nur. 2017. Analisis Tindak Plagiarisme dalam Penyusunan Penulisan Skripsi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Tahun 2014 – 2016, Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Achmad Ali Wafa, M.Pd.

 

Kata Kunci: Plagiarisme, Skripsi, Riset Pustaka

Gelar Sarjana pada mahasiswa jenjang Strata 1 di seluruh perguruan tinggi, didapatkan dengan menyusun skripsi sebagai prasyaratnya. Setiap perguruan tinggi telah memiliki pedoman penulisan karya ilmiah termasuk yang mengatur tata aturan menulis skripsi, cara mengutip, memparafrase, juga cara mensitasi. Beberapa skripsi di Jurusan Ekonomi Pembangunan ditemukan melakukan tindak plagiarisme terhadap skripsi lainnya yang telah disusun dalam tahun-tahun sebelumnya. Penulis melakukan riset pustaka dengan memanfaatkan sumber data sekunder berupa skripsi mahasiswa S1 Jurusan Ekonomi Pembangunan, tahun penyusunan 2014 sampai 2016. Sebanyak 5 skripsi, dimanfaatkan penulis untuk dianalisis dengan tiga variabel plagiarisme: plagiarisme langsung, plagiarisme karena kutipan tidak jelas atau salah kutip dan plagiarisme mosaik.

Klasifikasi berdasarkan proporsi atau persentasi kata, kalimat, paragraf yang dibajak yakni plagiarisme ringan: 70%. Plagiarisme kategori tinggi mencapai persentase 95,65 %. Dua skripsi dinyatakan sebagai skripsi yang melakukan tingkat plagiasi sedang dengan persentase 53,14% dan 41,41%. Sedangkan dua skripsi yang lain, dikategorikan sebagai tindak plagiasi rendah dengan persentase 22,21% dan 25,39%. Tindak plagiasi yang sangat banyak dilakukan ialah plagiasi secara mosaik dengan total persentase sebanyak 163,84%. Plagiasi langsung dilakukan dengan total 76,05%. Sedangkan plagiasi karena kutipan tidak jelas hanya dilakukan sebanyak 1,08%.

Pihak Fakultas Ekonomi diharapkan mengagendakan kegiatan pelatihan menulis skripsi diluar matakuliah Metodologi Penelitian maupun Penelitian Pendidikan, guna mempersiapkan mahasiswa agar lebih siap saat menyusun skripsi. Selain itu, diharapkan adanya pengadaan alat ataupun software pendeteksi plagiarisme. Secara keilmuan, mahasiswa juga seharusnya membiasakan diri menulis karya ilmiah yang dapat mengembangkan daya berfikir secara kritis dan analitis tentang sebuah masalah yang diatasi dengan sebuah solusi dan alternatif pemecahan masalah. Mahasiswa diharap membiasakan diri untuk membaca banyak referensi, memperkaya diri dengan membaca jurnal-jurnal baik nasional maupun internasional, agar terbiasa dan akrab dengan struktur kalimat yang ilmiah, mengikuti lomba-lomba seperti LKTI untuk melatih kemahiran dalam menulis. Mahasiswa juga perlu menanamkan kepercayaan diri terhadap kemampuan dan kreativitas yang dimiliki, sehingga tidak perlu lagi mencontoh apalagi mengambil karya orang lain untuk diakui menjadi karya milik sendiri.