SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi Kabupaten Pasuruan

Delinda Poppy Lastika

Abstrak


ABSTRAK

 

Lastika, Delinda Poppy.2017” Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing  untuk Meningkatkan keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi Kabupaten Pasuruan”Skripsi. Program Studi Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan,  Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Hj. Lisa Rokhmani. M,Si

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Keaktifan, dan Hasil Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi, bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik cenderung pasif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, peserta didik gaduh dan bosan, tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi pembelajaran, serta tidak berpartisipasi di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran metode yang diterapkan guru yaitu dengan metode konvensional / (ceramah) dan  model pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi di dalam kelas. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi pembelajaran, dan peserta didik masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah

(KKM=70). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran ekonomi, dan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X-1 MA Miftahul Falah.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-1 MA Miftahul Falah yang berjumlah 23 peserta didik yang terdiri dari 7 peserta didik perempuan dan 16 peserta didik laki-laki

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada siklus 1 persentase tingkat keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dalam kategori baik, sedangkan pada siklus II yaitu dalam kategori sangat baik . Selain itu model pembelajaran Snowball Throwing juga dapat meningkatkan keaktifan peserta didik, hal ini dapat diketahui dari hasil persentase pada siklus 1 sebesasr 61,72 % dan pada siklus II yaitu  sebesar 77,39%, dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, hal ini terlihat pada siklus 1 ketuntasan belajar peserta didik sebesar 68,18% , sedangkan  pada siklus II sebesar 86,96%  dan persentase rata-rata hasil belajar siklus 1 sebesar 76,78% dan siklus II sebesar 80,19% .

Untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing disarankan kepada pihak-pihak yang terkait yaitu diantaranya yaitu pertama, bagi sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran. Kedua, Bagi guru, khususnya guru mata pelajaran ekonomi dalam proses pembelajaran dapat menerapkan model  Snowball Throwing untuk mengatasi rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik, serta guru diharapkan dapat menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, karena jika materi yang diajarkan mengandung rumus dan perhitungan maka peserta didik  akan mengalami kesulitan jika diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Ketiga, bagi peneliti lain yaitu sebagai bahan pembelajaran dan mengembangkan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing ,dan hendaknya dapat lebih baik lagi dengan materi ajar yang berbeda dari penelitian ini supaya mendapatkan hasil yang diharapkan.

 

ABSTRACT

 

Lastika, Delinda Poppy. 2017. The Implementation of Learning Model Snowball Throwing to Increase Student Activity and Learning Outcome at Economics Subject Class X-1 MA Miftahul Falah Purwodadi, Pasuruan Disctrict. Thesis. Economy Development Department, Faculty of Economy, State University of Malang. Advisor: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M,Si

 

Key words: Snowball Throwing method, Activeness, Learning result

This study was carried out by the problems related to the activeness and learning result of X-1 students in MA Miftahul Falah Purwodadi which were still below average. It was shown that during teaching and learning process, the students were passive in asking and answering questions from the teachers, students tend to be noisy and were not participated well in class. It was also revealed that the teacher still used conventional method like lecturing to deliver the lesson, and there were no variation in some methods that have been implemented.  The students’ low learning result was revealed to have caused by the students’ low understanding in the lesson and materials, and most students got score under 70 which was a standard minimum score for economy subject. This study aimed to know the implementation of Snowball Throwing method in economy subject, and improve students of X-1 MA Miftahul Falah activeness and learning result.

This study was carried out using Classroom Action Research with qualitative approach. This study was done in 2 cycles. The subjects of this study were X-1 students of MA Miftahul Falah consisting 23 students comprising 7 female students and 16 male students.

This study showed that the implementation of Snowball Throwing method was good and the result was as expected. This was revealed by the data analysis in cycle 1, the teacher’ success percentage in implementing the Snowball Throwing method was in good category. While in cycle 2, the percentage was categorized as very good. On the other hand, the implementation of Snowball Throwing method also improved students’ activeness. It was revealed from the percentage of students’ activeness in cycle 1 result of 61,72%  and in cycle 2 of 77,39% . In implementing the Snowball Throwing method, it was also revealed that it could improve students’ learning result in economy subject. This was shown in the cycle 1 result of 68,18% , the students’ score was categorized as good, and in cycle 2 was 86,96% categorized as good. The percentage of student’s score both in cycle 1 result 76,78% and cycle 2 was 80,19% .

     To improve the implementation of Snowball Throwing method, first, it was suggested for the school to use this study as a reference to develop and improve teachers’ ability in using learning method in classroom. Second, it was also suggested for economy teacher to implement the use of Snowball Throwing method to solve the problems related to the students’ participation and activeness in class, as well as the students’ learning result. It was also suggested for teachers to implement Snowball Throwing method in appropriate material since if the material contained some formulas, thus it would be difficult to implement the method. Third, it was suggested for future researchers to use this study as a reference to implement Snowball Throwing method for different materials.