SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PenerapanModel Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di MA Al Munawwaroh Kembangbahu Lamongan

Sri Endang Fatmawati

Abstrak


ABSTRAK

Fatmawati, Sri Endang. 2017. PenerapanModel Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di MA Al Munawwaroh Kembangbahu Lamongan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang pembimbing Drs. Achmad Ali Wafa, M.Pd.

Kata Kunci:Jigsaw, Mind Mapping, Hasil Belajar.

Kehidupan di dunia ini tak akan bisa lepas dari pendidikan ekonomi. Pendidikan ekonomi berisi ilmu ekonomi yang penting untuk dipelajari oleh manusia. Terdapat banyak cara dalam mempelajari ilmu ekonomi, atau dalam dunia pendidikan disebut dengan model pembelajaran. Ilmu ekonomi memiliki banyak teori atau materi yang harus dipahami, sehingga dalam dunia pendidikan guru menerapkan model pembelajaran yang dapat membantu pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakanmodel pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS di MA Al MunawwarohKembangbahu Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga kehadiran dan peran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui soal tes, lembar observasi, format penilaian, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS MA Al Munawwaroh Kembangbahu LamonganTahun Pelajaran 2016/2017.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X IPS MA Al MunawarohKembangbahu Lamongan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pesera didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar ranah kognitif sebesar 67% dan siklus II sebesar 90% mengalami peningkatan sebesar 23%, hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan sebesar 14,6% diketahui rata-rata siklus I sebesar 85% dan siklus II sebesar 99,6%, dan hasil belajar ranah psikomotor mengalami peningkatan sebesar 13% diketahui rata-rata siklus I sebesar 87% dan siklus II sebesar 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS MA Al MunawwarohKembangbahu Lamongan.

Adapun saran yang diberikan yaitu: 1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mappingsebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, 2) Peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian dengan menerapkanmodel pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping, 3) Bagi pembaca, penerapanmodel pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping dapat dijadikan oleh pembaca sebagai inspirasi pengembangan model dan referensi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.