SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Modernitas, dan Hasil Belajar Ekonomi terhadap Efisiensi Pengelolaan Uang Saku Siswa SMA Negeri 10 Malang

Muhammad Iklil Mu'afi

Abstrak


 

ABSTRAK

Mu’afi, Muhammad Iklil. 2017. Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Modernitas, dan Hasil Belajar Ekonomi terhadap Efisiensi Pengelolaan Uang Saku Siswa SMA Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd

 

Kata Kunci: Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Modernitas, Hasil Belajar Ekonomi dan Efisiensi Pengelolaan Uang Saku.

 

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, terdidik, dan mampu bersaing dikancah Internasional dalam segala bidang. Sedangkan didalam pendidikan, kurikulum memiliki kedudukan yang sangat sentral. Dari kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran saat ini diharapkan dapat menjadikan peserta didik yang memiliki daya saing tinggi guna menghadapi era globalisasi.

Pengetahuan dasar ekonomi yang sudah diajarkan oleh orang tua mulai sejak dini menjadi sebuah dasar pengetahuan untuk diterapakan oleh anak tersebut. Pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga bukanlah sekedar penyampaian atau pendidikan yang diajarkan oleh orang tua saja, namun yang menjadi landasan adalah hasil dari pendidikan tersebut yang akhirnya membentuk siswa agar dapat mengelola uang saku secara efisien.

Modernitas siswa sangat dekat dengan penguasaan teknologi canggih dan pengetahuan. Penggunaan teknologi canggih dapat mempermudah siswa dalam belajar, baik untuk mencari sumber belajar maupun untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Hasil belajar yang baik tentu akan mendorong siswa untuk mampu mengelola uang sakunya dengan efisien.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap efisiensi pengelolaan uang saku SMA Negeri 10 Malang (2) untuk mengetahui pengaruh modernitas terhadap efisiensi pengelolaan uang saku SMA Negeri 10 Malang (3) untuk mengetahui pengaruh hasil belajar ekonomi terhadap efisiensi pengelolaan uang saku SMA Negeri 10 Malang.

Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran jelas mengenai keadaan objek penelitian. Dilihat dari tujuannya, penelitian ini temasuk penelitian eksplanasi, yaitu peneltian yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh suau variabel terhadap variabel yang lain. Penelitian ini menggunakan angket dan tes (Hasil belajar ekonomi). Teknik analisis data yaitu analisis regrei linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 22.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap efisiensi pengelolaan uang saku sebesar 6.7%. Ada pengaruh yang signifikan antara modernitas terhadap efisiensi pengelolaan uang saku sebesar 16.6%. Ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar ekonomi terhadap efisiensi pengelolaan uang saku sebesar 40.2%. Sedangkan sisanya sebesar 35.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

ABSTRACT

 

Muafi, Muhammad Iklil. 2017. The Effect of Economics Education in Family, Modernity, and Economics Study Result to the Pocket Money Management Efficiency of Senior High School 10 Malang Students. Thesis. Departement of Development Economy, Faculty of Economy, Malang State University. Advisor : Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

 

Keywords: Economics Education in Family, Modernity, Economics Study and Pocket Money Management.

 

Education is on of the most important factors in human resources development which is high-quality, well-educated and  international competitivenes in every field. However, in education, curriculum has the central position. From the used-curriculum in current learning process is aimed to prepare the student having high competitivenss in globalization era.

Basic knowledge in economics teached by parents earlier can be a basic science to be applied by the students. The economics educations in familu is not only about knowledge transfer or education teached by the parents but also an fundamental from that education to form the students in order to have ability in managing the pocket money efficiently.

Students modernity really close with modern technology and knowledge competency. Modern technology can help the students in studying, searching study materias and understanding the courses given by the teachers. The good study results will motivate students to manage their pocket money efficiently.

The objectives of this research are (1) to know the effect of economics education in family to the Money Management Efficiency of Senior High School 10 Malang Students (2) to know the effect of modernity to the Money Management Efficiency of Senior High School 10 Malang Students (3) to know the effect of economics study result to the Money Management Efficiency of Senior High School 10 Malang Students.

This research use descriptive research which gives the clear description to the objective condition in research. Regarding the objectives, this research can be classified as explanation research – aiming to explain the effect of variable to other variables. This research use questionnaire and test ( economics study result). Data analysis technique is double linear regretion analysis using IBM SPSS Statistics Version 22  program.

The result has shown that there was a significant effect between economic education in family to the money management efficiency which was around 6.7%. There was a significant effect between modernity to to the money management efficiency which was around 16.6%. There was a significant effect between economics study result to the money management efficiency which was around 40,9%. The rest, around 35,8%, influenced by the other factors which were not included in this research.