SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen

Siti Mutmainah

Abstrak


ABSTRAK

Mutmainah, Siti. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

 

Kata Kunci: Motivasi belajar, perhatian orang tua, hasil belajar siswa

 

Keberhasilan proses belajar siswa disekolah dapat diukur melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik di antaranya adalah motivasi. Motivasi merupakan dorongan yang berada dalam atau luar diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Dengan adanya motivasi belajar seorang siswa menjadi tergerak untuk  belajar. Sedangkan faktor ekstrinsik di antaranya perhatian orang tua. Perhatian orang tua memberikan kontribusi yang penting dalam keberhasilan belajar siswa. Karena dengan adanya perhatian ini seorang anak atau peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi segala kebutuhan yang ia perlukan dalam proses belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen; (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen; (3) pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen.

Populasi  dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Turen yang berjumlah 91 siswa/ responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuisioner dan dokumentasi.  Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif eksplanasi. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linier berganda, dan sumbangan efektif yang dihitung melalui SPSS 16,0 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 turen dengan perolehan signifikasi 0,01. Terdapat pengaruh antara perhatian orang tua terhadap hasil siswa kelas XI di SMA Negeri 1 turen dengan signifikasi 0,00, serta terdapat pegaruh yang simultan antara hasil belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 turen dengan signifikasi 0,00. Penelitian ini memiliki banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Bagi peneliti yang melakukan penelitian serupa, diharapkan untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada penelitian ini dan diharapkan dapat memasukkan variabel yang lain sehingga hasilnya lebih reliabel dan dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sebelumnya.


 

ABSTRACT

 

Mutmainah, Siti.2017. The Effect of Motivation and Parental Concern toward the Learning Outcomes of Economics in Grade XI IPS at SMA Negeri 1 Turen.Thesis, Department of Economic Development, Faculty of Economics, UniversitasNegeri Malang.Advisor: Dr.Hj.Lisa Rokhmani, M.Sc.

 

Keywords:Motivation to learn, parental concern, students’ learning outcomes

 

The success of students’ learning process in school could be measured through students’ learning outcomes.Learning outcomes could be influenced by intrinsic and extrinsic factors.The intrinsic factor of which was motivation.Motivation was an impulse that was within or outside of a person to do something.While among the extrinsic factors was the attention of parents.Parental concern contributed significantly to the success of students’ learning.Since with the attention of the parents, a child or a learner did not have difficulty in fulfilling all the needs in the learning process.

This study aimed to determine: (1) the influence of learning motivation towards the learning outcomes on Economics of grade XI IPS at SMA Negeri 1 Turen;(2) the influence of parental concern towards the learning outcomes on Economics of grade XI IPS at SMA Negeri 1 Turen;(3) the influence of learning motivation and parental concern toward the learning outcomes on Economics of grade XI IPS at SMA Negeri 1 Turen.

The subjects in this study were the students of grade XI IPS in SMA Negeri 1 Turen, amounting to 91 students / respondents.Data collection techniques used were questionnaires and documentation.The sampling technique used was proportional random sampling, then calculated using the Slovin formula.The design of this research was quantitative explanation.Hypothesis test consisted of multiple linear regression analysis, and effective contribution calculated through SPSS 16.0 for Windows.

Based on the results of the study, there was a significant influence between the motivation of learning and the learning outcomes on Economics of XI graders at SMA Negeri 1 Turen. In addition, there was an influence between the attention of parents and the learning outcomes on Economics of XI graders at SMA Negeri 1 Turen, and there was also a simultaneous influence between the learning outcomes and parental concern to the results of learning on Economics of XI graders at SMA Negeri 1 Turen.This study had many shortcomings that need to be improved.For researchers who wanted to conduct similar research, it was suggested to fix the deficiencies existed in this study, and include other variablesso that the results would be more reliable and able to strengthen existing theories and discoveries.