SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Malang dan SMA Negeri 3 Malang

Dwi Intan Sari, Dwi Intan Sari

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Dwi Intan. 2017. Implementasi Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Malang dan SMA Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si

 

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Ekonomi, dan Kurikulum 2013 Revisi.

 

Kurikulum memiliki kedudukan yang sangat sentral didalam pendidikan. Kurikulum yang digunakan disuatu negara merupakan salah satu faktor yang menentukan mutu pendidikan. Dari Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran saat ini diharapkan dapat menjadikan peserta didik yang memiliki prestasi unggul dan daya saing tinggi. Kurikulum yang digunakan di Negara Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2103 Revisi, yang penerapannya dalam pembelajaran sejak awal tahun ajaran baru 2016/1017. Kurikulum 2013 Revisi yang menekankan pembelajaran pada pencapaian kompetensi peserta didik melalui pemberian pengalaman belajar seluas-luasnya yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan Standar yang telah ditentukan dalam Kurikulum 2013 Revisi.

Penelitian ini membahas mengenai pemahaman guru ekonomi tentang implementasi pembelajaran ekonomi berbasis Kurikulum 2013 Revisi, implementasi pembelajaran ekonomi di kelas berbasis Kurikulum 2103 Revisi, dan kesulitan/hambatan yang dialami oleh guru dalam pengimplementasian pembelajaran ekonomi berbasis Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Malang dan SMA Negeri 3 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu sumber data primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dan untuk pengecekkan keabsahan temuan, peneliti menggunakan uji kredibilitas, diantaranya yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru tentang implementasi pembelajaran ekonomi berbasis Kurikulum 2013 Revisi sudah cukup baik, karena guru dapat menjelaskan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian/evaluasi proses dan hasil pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. (2) Dalam implementasi pembelajaran yang dilakukan guru di kelas belum terlaksana secara maksimal. Guru ekonomi memang telah melakukan perencanaan secara maksimal, namun pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru masih belum melakukan refleksi. Dan  pada kegiatan penilaian/evaluasi pembelajaran guru telah melakukan kegiatan penilaian sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun dalam merencakan dan melaksanakan tugas remidial dan pengayaan guru belum menyusun dan melampirkan pembelajaran remidial dan pengayaan, dan belum melampirkan kunci jawaban. (3) Kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran ekonomi adalah pada proses pelaksanaan pembelajaran membutuhkan waktu yang lama dan harus benar-benar dialokasikan seefektif mungkin dari setiap pertemuannya. Selain itu kesulitan/hambatan yang dialami oleh guru terdapat pada kegiatan penilaian pembelajaran, dalam penilaian guru memerlukan waktu panjang karena penilaian harus dilakukan berdasarkan pendekatan otentik yang mencakup ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik secara keseluruhan.