SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

tingkat economic literacy dan penerapannya pada perilaku konsumsi siswa kelas xi ips sma brawijaya smart school malang

riska trisnawati

Abstrak


ABSTRAK

Trisnawati, Riska. 2017. Tingkat Economic Literacy dan Penerapannya Pada Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

Kata Kunci: Economic Literacy, Penerapan Perilaku Konsumsi

            Kegiatan ekonomi manusia yang sering dilakukan setiap harinya adalah berkonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Namun seiring berjalannya waktu, pola pengambilan keputusan untuk membeli barang dan jasa mengalami perubahan dari membeli produk berdasarkan kebutuhan dan kemampuan, menjadi mengarah pada perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif tersebut cenderung terjadi dikalangan siswa SMA. Dengan berperilaku konsumtif, siswa akan memiliki gaya hidup yang tidak baik dalam berkonsumsi dan tidak berfikir rasional dalam pengambilan keputusan. Perilaku konsumtif tersebut bertentangan dengan pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy)yang didapat ketika siswa duduk di bangku SMA. Dalam proses pembelajaran, guru memberikan pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) dengan mengajarkan bagaimana pola dan perilaku konsumsi yang baik yang diharapkan siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat economic literacy siswa kelas XI IPS SMA BSS Malang dan bagaimana penerapan economic literacy pada perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA BSS Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantilatif. Teknik pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mendeskripsikan data penelitian.

Hasil penelitian ini, (1) tingkat economic literacy siswa kelas XI IPS SMA BSS Malang masih rendah dikarenakan rata-rata nilai siswa masih jauh dibawah standar ketuntasan minimum yaitu sebesar 54,6. (2) Penerapan economic literacy pada perilaku konsumsi siswa berdasarkan kriteria nilai adalah bahwa siswa yang memiliki nilai bagus belum tentu memiliki perilaku konsumsi yang baik. Begitu pula dengan siswa yang memiliki nilai cukup dan kurang, dapat dikatakan memiliki perilaku konsumsi lebih baik dari siswa yang memiliki nilai bagus.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru lebih mengarahkan anak didiknya untuk berfikir dan bertindak rasional dengan memberikan pengertian bahwa perilaku konsumtif tidak baik untuk dijadikan kebiasaan hidup. Bagi siswa dapat menerapkan pengetahuan ekonomi yang didapatkannya pada kehidupan sehari-hari dalam berkonsumsi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengelola uang saku dengan baik, memiliki skala prioritas, selalu merencanakan pengeluaran dengan baik dan tidak mudah terpengaruh lingkungan sosial.