SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X – APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Indah Puji Rahayu

Abstrak


 ABSTRAK

 

Rahayu, Indah Puji. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X – APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Agung Haryono, S.E., M.P., AK

 

Kata Kunci: Metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping, keaktifan siswa, dan hasil belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ada pada kelas X – APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari, permasalahan tersebut adalah kurangnya tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi selain itu hasil ulangan mata pelajaran ekonomi yang rendah juga menjadi salah satu permasalahan yang ada di kelas tersebut, berdasarkan fakta yang ada 87% siswa nilainya masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan kurang sesuai dengan karakteristik siswa kelas X – APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari.

Penelitian ini bertujuan iuntuk mengetahui: (1) peningkatan keaktifan siswa setelah diterapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping dan (2) peningkatan hasil belajar ekonomi setelah diterapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi serta soal pre test dan post test. Subjek penelitian kelas X – APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari, objek penelitian Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dan Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan 2 siklus

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan siswa pada presentase rata-rata keaktifan siswa kelas X – APK2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Meningkat sebesar 9,63% dari siklus 1 adalah 62,01% dan menjadi 71,64% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa pada saat pre testdan post testsiklus I yaitu 41,72 menjadi 71,00 dengan presentase ketuntasan 50,00%. Pada siklus II rata-rata nilai pre test dan post test juga mengalami peningkatan dari 51,33 menjadi 74,83 dengan presentase ketuntasan 77,41%

Adapun saran yang diberikan yaitu: 1) Guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping sebagai alternatif metode yang dapat malatih kerjasama siswa dalam kelompok, selain itu juga melatih siswa untuk lebih memperdalam penguasaan materi sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat kemudian hendaknya guru memperhatikan alokasi waktu apabila menerapkan metode jigsaw dan mind mapping tersebut, 2) Bagi peneliti berikutnya dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping pada subjek, materi maupun sekolah yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk melihat sejauh mana keberhasilan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping ini apabila diterapkan diterapkan pada kondisi yang berbeda, 3) Bagi sekolah hendaknya mempertimbangkan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan mind mapping untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Ekonomi yang sesuai dengan tautan kurikulum 2013.