SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Bimbingan Belajar di Sekolah dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Nurul Ulum Kota Malang Tahun Ajaran 2016/2017

Hilda Nanda Khoirunnisa'

Abstrak


 ABSTRAK

 

Khoirunnisa’, Hilda Nanda. 2017. Pengaruh Bimbingan Belajar di Sekolah Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Nurul Ulum Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Achmad Ali Wafa, M.Pd

 

Kata Kunci: Bimbingan Belajar di Sekolah, Perhatian Orang Tua dan Hasil Belajar Siswa.

Pendidikan merupakan proses belajar mengajar yang terjadi antara guru dengan siswa dengan tujuan untuk mencapai sebuah keberhasilan. Bentuk keberhasilan pembelajaran di sekolah salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Jika hasil belajar siswa rata-rata sudah memenuhi nilai minimum maka pembelajaran di sekolah bisa dikatakan berhasil. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah kegiatan bimbingan belajar di sekolah. Masih banyak siswa yang membutuhkan bimbingan belajar untuk membantu kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Dengan adanya kegiatan bimbingan belajar di sekolah akan membantu siswa untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialaminya pada saat pembelajaran di kelas. Begitu juga dengan perhatian orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Ketika orang tua memberi perhatian yang tinggi terhadap pendidikan anaknya seperti menyediakan fasilitas belajar, membimbing dan juga memotivasi anak untuk belajar maka anak akan semakin giat dalam belajar dan tentu membuat hasil belajarnya semakin tinggi.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksplanasi. Penelitian ini dilakukan di MA Nurul Ulum Malang dengan subyek kelas XII IIS tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi sebanyak 125 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 95 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

 Dari hasil penelitian meyatakan bahwa terdapat pengaruh bimbingan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa sebesar 35,46%. Kedua, terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 40,11%. Ketiga, terdapat pengaruh secara simultan antara bimbingan belajar di sekolah dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 75,6%.

Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka penulis merekomendasikan saran-saran sebagai berikut (1) sekolah hendaknya bekerja sama dengan wali murid serta pihak BK (Bimbingan Konseling) apabila terdapat siswa yang kesulitan dalam belajar (2) guru hendaknya lebih sering memperhatikan siswa yang terlibat kurang semangat belajar di dalam kelas (3) menerapkan disiplin dalam belajar sudah seharusnya dilakukan oleh siswa, diantaranya yaitu rutin mengikuti kegiatan bimbingan belajar di sekolah (4) orang tua sebaiknya memberikan perhatian pada anak, membimbing, dan memotivasi belajar anak, memberi solusi ketika anak mengalami kesulitan belajar, dan melakukan kontak dengan pihak sekolah.