SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengelolaan Uang Saku dan Penghasilan Tambahan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 20114

Anggraini Nur Ainiyah

Abstrak


 ABSTRAK

 

Ainiyah, Anggraini Nur. 2017Analisis Pengelolaan Uang Saku dan Penghasilan Tambahan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014.Skripsi, JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengelolaan Uang Saku, Penghasilan Tambahan, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan

Hal paling utama bagi mahasiswa mengalokasikan pendapatan untuk kebutuhan makan, kebutuhankuliah, kebutuhan pribadi seperti beli paketan, pulsa ,dan kebutuhan lainnya. Berdasarkan observasi mereka mengalokasikan uangnya untuk menunjang penampilan dengan membeli barang, seperti konsumsi pakaian, sepatu, tas, serta gadgetdan mengalokasikan uangnya untuk nongkrong di cafe maupun jalan-jalan ke wisata bersama teman-temannya.

Fokus penelitian ini untuk mengetahui (1) menganalisis pemanfaatan dan cara pengelolaan uang saku dan penghasilan tambahan mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik dalam analisis data, yaitu reduksi data, display data dan penyimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian ini yaitu (1) sumber pendapatan yang diperoleh informan berasaldari uang saku yang diberikan orang tua setiap bulannya dan penghasilan tambahan yang diperoleh dari bekerja, beasiswa maupun wirausaha (2) pendapatan yang diperoleh dari uang saku dan penghasilan tambahan, informan alokasikan untuk konsumsi yaitu makan, kebutuhan kuliah, beli bensin, bayar kos,  dan kebutuhan lain seperti beli baju, sepatu, jalan-jalan, nongkrong di cafe, selain itu  pendapatan juga dialokasikan untuk ditabung dan investasi. (3) dalam mengelola keuangan, ada informan yang melakukan perencanaan dan ada yang tidak melakukan perencanaan.

Saran penelitian ini (1)  Bagipeneliti lain,disarankan untuk meneliti tentang sumber uang saku dan pemakaiannya dalam rentang waktu yang lebih lama, agar penelitian yang dilakukanmendapatkanhasil yang lebihbaik, (2) BagiMahasiswa, Sebagaiseorangmahasiswa S1 PendidikanEkonomidan S1 Ekonomi Pembangunan yang bisadisebutremajaakhirataumemasukiusiadewasa, sebaiknyadapatmengalokasikanpendapatandengan terencana danmengelolakeuangansecararasionaldantidakbertindakkonsumtifdalamberkonsumsi.